Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 22 November 2017 | 00:46 WIB
  • Antusiasme Warga Tuban Mengikuti Gala Desa

  • Oleh
    • Muhammad Nurhendra Saputra
Antusiasme Warga Tuban Mengikuti Gala Desa
Photo :
  • Istimewa
Gala Desa Tuban

VIVA –  Perbelatan Gala Desa sudah memasuki minggu-minggu terakhir. Kali ini, even salah satu program unggulan Kemenpora itu digelar di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Selasa, 21 November 2017. Kegiatan Gala Desa edisi Tuban ini melibatkan total 1135 peserta. Ribuan peserta itu berkumpul di Lapangan Rangga Jaya, Anoraga, Tuban.

Mereka mengikuti pembukaan secara seremonial ajang olahraga yang dipimpin langsung oleh perwakilan Kemenpora, Pejabat Pemkab Tuban, Kadisdikbudparpora Tuban, Ketua KONI Tuban, dan penggiat Karang Taruna Tuban.

Ketua panitia Gala Desa Tuban, Nashirul Umam menjelaskan bahwa sebelum pembukaan secara resmi, beberapa cabang olahraga sudah menggelar pertandingan. Cabang olahraga tersebut adalah bulu tangkis dan sepakbola yang digelar di desa yang letaknya sekira 40 km dari pusat kota, yakni Senori dan Jenu.

"Kami senang dengan program dari pemerintah pusat ini. Para calon atlet masa depan Indonesia yang berasal dari Tuban ini, mendapatkan ajang unjuk kebolehan. Antusiasmenya terlihat ada 1000 lebih peserta ambil bagian," kata pria yang akrab disapa Pak Kong itu dalam rilis yang diterima Viva.

Meski belum semua desa mengirimkan wakilnya, tapi ada juga satu desa yang sampai mengirimkan atlet lebih dari desa lainnya.

"Masyarakat dari tingkat desa kini bisa semakin gemar berolahraga. Program ini menurutnya, memberi fasilitas untuk mendorong masyarakat terlecut berolahraga dan berkompetisi dari level terbawah," ujar Kadisdikbudparpora Tuban, Sulistiyadi.

Sementara itu, Kabid Olahraga Menengah Asdep Ordik Deputi III Kemenpora Ari Moelyadi yang mewakili Menpora Imam Nahrawi, memaparkan bahwa penerimaan dan antusiasme di masyarakat menunjukkan program ini tepat sasaran. Dengan langsung turun ke desa, menurutnya Ary mengajak masyarakat desa berolahraga dengan memfasilitasi kegiatan olahraga di tingkat desa, menjadikan program Gala Desa mendapatkan dukungan dari bawah untuk dilanjutkan pada tahun depan. 

"Kami ingin membudayakan masyarkat berolahraga. Kami senang, program ini diterima dan dijalankan dengan baik oleh daerah. Tahun depan, harus lebih maksimal karena ada 186 kabupaten yang akan dipilih menggelar even ini," tuturnya.

Acara semakin meriah karena setelah seremonial pembukaan, perwakilan Kemenpora langsung melakukan kickoff cabang olahraga sepak takraw. Serta melakukan Servis pertama di cabang olahraga voli outdoor.

  • Ini Rival Berat Indonesia Kejar Target 10 Besar Asian Games
    Ini Rival Berat Indonesia Kejar Target 10 Besar Asian Games
  • Peraih Medali Emas Asian Games Bakal Diangkat Jadi PNS
    Peraih Medali Emas Asian Games Bakal Diangkat Jadi PNS
  • Universitas Olahraga Sudah Hadir di Indonesia
    Universitas Olahraga Sudah Hadir di Indonesia
  • Gowes di Sragen, Menpora Pakai Pakaian Pejuang
    Gowes di Sragen, Menpora Pakai Pakaian Pejuang
  • Menpora Sidak Kesiapan Kejurnas Panjat Tebing
    Menpora Sidak Kesiapan Kejurnas Panjat Tebing
  • Kemenpora Surati PSSI Soal Penyelenggaraan Liga 1
    Kemenpora Surati PSSI Soal Penyelenggaraan Liga 1