Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 13:45 WIB
  • Promosi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Bakal Lebih Masif

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Promosi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Bakal Lebih Masif
Photo :
  • VIVA.co.id/Riki Ilham Rafles
Acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2017 di Palembang

VIVA – Asian Games 2018 Jakarta-Palembang semakin dekat. Kini, berbagai elemen pemerintah saling bekerja sama untuk membuat promosi ajang empat tahunan tersebut menjadi lebih masif.

Dalam acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2017 di Palembang akhir pekan lalu, dikumpulkan ratusan juru bicara dari seluruh instansi. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menaruh harapan besar kepada mereka.

“Pesan Pak Menteri (Menpora), seluruh rakyat Indonesia harus tahu Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018, bukan hanya Palembang dan Jakarta. Kalau kita bicara tempat (pelaksanaan), ya Jakarta-Palembang, tapi tuan rumahnya ya Indonesia,” kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana.

Pada kesempatan yang sama, Raja Parlindungan Pane, Ketua Deputi I INASGOC meminta insan humas se Indonesia di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyemarakkan Asian Games di masing-masing daerah. Sebagai event olahraga terbesar ke dua di dunia, Raja memaparkan, Asian Games 2018 akan dihadiri 15 ribu atlet dan ofisial dari 40 negara, 2.500 VVIP dan OCA Family, 5.000 wartawan, dan 20 ribu relawan dan tenaga kerja.

Ketua Deputi I INASGOC, Raja Parlindungan Pane meminta semarak Asian Games 2018 digaungkan di daerah-daerah. Karena nantinya akan ada sekira 15 ribu atlet dan ofisial dari 40 negara, 2.500 tamu VVIP, serta 20 ribu relawan dan tenaga kerja yang akan ikut ambil bagian.

“Kami meminta Dinas Kominfo dan instansi terkait menyemarakkan Asian Games 2018 di daerah masing-masing. Ayo kita jadi bagian sejarah Asian Games. Semua Negara antri untuk mendapatkan jatah tuan rumah Asian Games,” ujar Raja.

Hal penting lainnya yang harus segera disosialisasikan menurut Mulyana adalah mengenai target pemerintah masuk 10 besar perolehan medali Asian Games 2018. Menurutnya, pemerintah memang mengincar empat sukses dalam perhelatan Asian Games 2018, yaitu sukses penyelenggara, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses administrasi.

“Prestasi itu wajib, sebagai host (Indonesia) punya dampak menguntungkan, seluruh masyarakat bisa mendukung atlet kita,” ujarnya.