Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 14:26 WIB
  • Kampung Atlet Jakabaring Siap Tampung Lebih dari 3.000 Atlet

  • Oleh
    • Muchamad Syuhada,
    • Radhitya Andriansyah
Kampung Atlet Jakabaring Siap Tampung Lebih dari 3.000 Atlet
Photo :
  • Muhammad Indra Nugraha
Asian Games Palembang 2018

VIVA – Athlete Village, atau Kampung Atlet, menjadi salah satu elemen penting dalam gelaran multievent olahraga, termasuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Kampung Atlet wajib disiapkan oleh negara penyelenggara, sebagai tempat singgah para atlet dari luar negeri, saat bertanding di ajang tersebut. Jika Jakarta menyiapkan Kampung Atlet di Kemayoran, Jakarta Puast, maka Palembang menyiapkannya di Jakabaring Sport City.

Dalam kegiatan Asian Games Media Forum (AGMF), awak media mengunjungi Kampung Atlet Jakabaring Sport City. Lewat pantauan VIVA, kompleks Kampung Atlet Jakabaring sudah terlihat apik.

Beberapa kamar yang dikunjungi, termasuk aula untuk makan para atlet, sudah rampung. Kampung Atlet Jakabaring bahkan sudah dipakai untuk menggelar kejuaraan Asia Kano. Ajang tersebut juga berfungsi sebagai test event jelang Asian Games 2018.

Terkait fasilitas dan kapasitas, Bambang Supriyanto selaku Direktur II Athlete Village and Services INASGOC, mengungkapkan cukup gamblang. Menurut Bambang, Kampung Atlet Jakabaring mampu menampung lebih dari 3.000 atlet.

"Kami di Athlete Village yang ada di Jakabaring kami menyiapkan tiga residence. Ada residence zona 1 yang kita sebut  Athlete Village Existing, terdiri dari tiga gedung, satu gedung terdiri dari 123 kamar. Setiap kamar akan diisi oleh tiga orang (atlet). Total Athlete Village Existing akan diisi oleh 1.178 orang," kata Bambang kepada wartawan.

"Sedangkan residencial zona 2, yang kami sebut Rusunawa, akan diisi oleh 960 orang, terdiri dari lima gedung. Setiap gedung terdiri dari 64 kamar yang akan diisi tiga orang. Residence zona 3 bisa menampung 963 orang. Jadi, total zona 1,2, dan 3 bisa menampung sekitar 3.030 orang," lanjut dia.

Selain itu, ada pula Main Dining Room yang terletak di dekat Kampung Atlet zona 1. Menurut Bambang, Main Dining Room bisa menampung sekitar 2.000 atlet dalam satu kali jadwal makan. Selebihnya, panitia akan mengatur jadwal makan dari beberapa kontingen yang akan ikut serta di ajang nanti.

"Main Dining Room itu bisa menampung sekitar 2.000 orang sekali masuk. Jadwalnya nanti tinggal kita sesuaikan saja," kata Bambang. (ren)