Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 23:50 WIB
  • Perenang Siman Sudartawa Ikon Tim Indonesia Bentukan KOI

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Perenang Siman Sudartawa Ikon Tim Indonesia Bentukan KOI
Photo :
  • ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan
Perenang Indonesia, I Geda Siman Sudartawa

VIVA – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membentuk sebuah tim untuk menyukseskan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Mereka nantinya akan didorong mempromosikan atlet-atlet Indonesia agar tak kalah tenar dari atlet luar negeri.

Perenang I Gede Siman Sudartawa masuk dalam Tim Indonesia bentukan KOI tersebut. Tugasnya nanti adalah menjadi public relations ke pihak luar. Tidak cuma Siman, peraih medali emas SEA Games 2017 dari panahan, Diananda Choirunisa, juga masuk tim.

"Kami sudah perkenalkan beberapa ikon-ikonnya, ada Nanda dari panahan peraih medali emas SEA Games 2017. Ada juga I Gede Siman Sudartawa yang juga peraih medali emas SEA Games renang 50 meter," ujar Ketua KOI, Erick Thohir kepada wartawan, Minggu 3 Desember 2017.

Menurut Erick, pembentukan Tim Indonesia bukan untuk mengambil alih peran KONI dan Kemenpora. Tetapi, murni untuk memajukan dan mengenalkan atlet-atlet Indonesia ke khalayak luas.

Para atlet yang terpilih menjadi ikon Tim Indonesia itu nantinya tak bekerja sendiri. Akan ada bantuan dari orang-orang lain yang memang mumpuni dalam hal public relations.

"Nanti kita ada tim, kan konsepnya untuk public relations. Supaya yang terkenal nanti jangan atlet asing, atlet Indonesia juga," imbuhnya.

Selain Tim Indonesia, nantinya juga akan dibuat Rumah Indonesia. Di mana nanti kebudayaan Tanah Air akan ditonjolkan, termasuk membuat beberapa acara tradisional.

Tambahan lainnya, KOI juga membuat Tim Monitoring untuk Asian Games 2018 mendatang. Mereka nanti akan bertugas memberi bantuan jika beberapa bidang menemui kendala. (ase)