Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 23:48 WIB
  • Perenang Siman Sudartawa Raih Penghargaan dari KOI

  • Oleh
    • Riki Ilham Rafles
Perenang Siman Sudartawa Raih Penghargaan dari KOI
Photo :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana
Perenang Siman Sudartawa Kembali Sumbang Medali untuk Indonesia

VIVA – Perenang I Gede Siman Sudartawa mendapatkan penghargaan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berkat pencapaiannya memecahkan rekor pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu. Dia mampu melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh atlet Singapura, Zheng Wen Quah.

Turun di nomor 50 meter gaya punggung, perenang berusia 22 tahun itu mencatatkan waktu tercepat 25,20 detik. Sedangkan rekor milik Wen Quah cuma 25,27 detik.

Capaian tersebut membuatnya dianggap layak mendapatkan penghargaan dari KOI. Selain Siman, atlet jalan cepat, Hendro Yap juga mendapat penghargaan yang sama.

Menyabet medali emas SEA Games 2017, Hendro Yap mencatatkan waktu 1 jam 32 menit 11 detik saat turun di nomor 20 kilometer. Rekor itu melampaui atlet Malaysia, Harbans Singh Narinde pada SEA Games 1997 silam.

Tidak cuma atlet yang kebagian apresiasi dari KOI, para Chief de Mission kontingen Indonesia di ajang internasional juga mendapatkannya. Mereka adalah Raja Sapta Oktohari, Alex Noerdin, Hellen de Sarita, Aziz Syamsudin, Syahrir Nawier, dan Nerdi Sabri.

"Kita apresiasi CdM dan atlet yang sudah membantu mengahrumkan nama bangsa," kata Ketua KOI, Erick Thohir kepada wartawan, Minggu 3 Desember 2017.

Penghargaan ini bisa menjadi modal penting bagi para atlet. Karena mereka bisa termotivasi lagi guna mengharumkan nama bangsa di Asian Games 2018 mendatang. (ase)