Ternyata, Serena Sudah Hamil Saat Juara Australia Open

Petenis Amerika Serikat, Serena Williams
Sumber :
  • Robert Deutsch-USA TODAY Sports

VIVA.co.id – Pengumuman kehamilan petenis Amerika Serikat, Serena Williams memang cukup mengejutkan. Apalagi, petenis berusia 35 tahun mengumumkan kehamilannya sudah memasuki 20 pekan. 

Iga Swiatek Atlet Putri dengan Bayaran Tertinggi di 2023

Artinya, saat Serena menjadi juara Australia Open, ia tengah hamil dua bulan. Serena pun tampil impresif di turnamen Grand Slam itu, bahkan ia mengalahkan Venus Williams dengan straight set di laga final, 6-4 dan 6-4. 

Peneliti Senior dari Sheffield Hallam University, Dr Markos Klonizakis mengatakan, meraih kemenangan dan gelar juara ketika sedang hamil sangat luar biasa. Klonizakis menambahkan, sangat tidak mudah bagi atlet ketika sedang hamil dan menjalani sebuah turnamen. 

Serena Williams Umumkan Kehamilan Anak Kedua

"Tidak mudah bagi wanita yang hamil untuk beradaptasi dengan tubuhnya. Apalagi, ia seorang atlet elit. Secara psikologi, perubahan besar yang dialami ketika memasuki kehamilan lima pekan adalah perubahan sistem kardiovaskular. Sebab, pasokan oksigen dan darah pasti untuk janin. Banyak wanita yang merasa sulit bernapas dan detak jantung mereka meningkat," kata Klonizakis dikutip dari BBC

Menurut Klonizakis, sedangkan turnamen sekelas Grand Slam membutuhkan recovery yang cepat, karena bermain berturut-turut. Klonizakis menjelaskan, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Serena, karena pasti ada rasa mual. 

Gempar, Pengakuan Raja Tenis Dunia Berhubungan Seks dengan 2500 Wanita

Sementara itu, Profesor Janice Rymer, dari Royal College of Obstetricians dan Gynecologists menyatakan, untuk atleti elit biasanya mereka telah memperhitungkan nilai gizi dan pelatihan yang dikembangkan oleh tim spesialis. 

"Tingginya latihan saat kehamilan berusia delapan minggu, tentunya tidak akan memengaruhi kondisi kehamilan dan atlet itu sendiri, dalam tingkat latihan. Ketika kehamilan memasuki pekan pertama hormon yang meningkat adalah kinerja fisik, peingkatan produksi steroid akan meningkat sedikit," jelas Rymer. 

Serena William sejauh ini telah mengoleksi gelar Grand Slam sebanyak 23 gelar. Serena akan absen hingga tahun 2018 mendatang. 

Serena pun dipastikan akan absen di Pranis Open yang akan dimulai 28 Mei nanti. Wimbledon yang berlangsung awal Juli dan AS Terbuka akhir Agustus mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya