Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 23 Agustus 2017 | 01:02 WIB
  • Prestasi Keren Ini Bisa Bikin Malaysia Iri dengan Indonesia

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Prestasi Keren Ini Bisa Bikin Malaysia Iri dengan Indonesia
Photo :
  • google
Susy Susanti & Alan Budikusuma saat meraih emas Olimpiade 1992 Barcelona

VIVA.co.id – Polemik munculnya gambar bendera Indonesia yang diposisikan terbalik masih jadi pembicaraan hangat dari ajang SEA Games 2017. Akibat insiden tersebut, reaksi keras pun bermunculan dari publik Tanah Air.

Hingga saat ini, belum diketahui apa motivasi dari kubu negeri jiran, sehingga bisa salah menempatkan posisi bendera Indonesia yang hanya terdiri atas dua warna itu. Tapi, warga Indonesia sebenarnya tak perlu berkecil hati dengan “teror” tersebut.
 
Mengapa demikian? Sebab, dari prestasi Indonesia di kancah pesta olahraga sejagat atau Olimpiade, sungguh jauh lebih unggul dari negara tetangga itu.

Faktanya hingga gelaran Olimpiade terakhir di Rio, Brasil 2016, atlet-atlet Merah Putih jauh meninggalkan perolehan medali Malaysia yang hingga saat ini belum pernah sekali pun meraih medali emas.

Total, sepanjang keikutsertaan dalam gelaran di Olimpiade, kontingen Indonesia telah meraup 32 medali; dengan rincian 7 emas, 13 perak, dan 12 perunggu.

Berbeda jauh dengan Malaysia yang baru merengkuh 11 medali dengan 7 perak dan 4 perunggu. Torehan ini pun seolah jadi pelipur lara dari sejumlah aksi kurang sportif yang kerap diterima kontingen Indonesia di SEA Games 2017.