Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 12:37 WIB
  • Nadal Yakin Ada Provokator dalam Kisruh Catalunya

  • Oleh
    • Donny Adhiyasa
Nadal Yakin Ada Provokator dalam Kisruh Catalunya
Photo :
  • REUTERS/Issei Kato
Petenis Spanyol, Rafael Nadal

VIVA.co.id – Reaksi keras terkait aksi kekerasan secara brutal pada proses pemungutan suara referendum Catalunya kian mendatangkan kecaman. Mengemukanya polemik soal kemerdekaan Catalunya itu pun juga mengundang respons dari kalangan olahragawan.

Setelah para pemain skuat FC Barcelona dan Espanyol turun ke jalan, seruan kencang pun turut disuarakan oleh bintang tenis Spanyol, Rafael Nadal. Petenis top ini bahkan tak segan berasumsi tentang apa yang sebenarnya terjadi di Negeri Matador saat ini.

Baca juga: Isak Tangis Rafael Nadal Warnai Polemik Catalan

Pengoleksi 16 gelar tunggal putra Grand Slam ini menyayangkan krisis keamanan dan bentrokan yang terjadi dan melihat ada pihak yang sengaja memancing hingga suasana memanas. 

"Ada orang yang ingin memanipulasi informasi, yang telah menimbulkan kekacauan yang seharusnya tidak terjadi di mana kita telah tinggal sejak berabad lalu. Saya patah hati," ungkap Nadal yang dilansir Marca.

Nadal pun merasa situasi tersebut bukanlah solusi yang tepat untuk menuntaskan pertikaian yang kerap terjadi. 

"Pada akhirnya, kita akan hidup bersama selama sisa hidup kita. Bukan saatnya untuk mencari siapa yang bersalah, meski pun itu memang ada," tegas Nadal.