Mengenal Sosok Alyssa, Pebulutangkis Belanda 'Rasa' Jawa

Pebulutangkis Belanda keturunan Indonesia, Alyssa Tirtosentono
Sumber :
  • renelagerwaard.nl

VIVA.co.id – Perhelatan ajang BWF World Junior Championships 2017 kian menampilkan laga-laga seru di arena GOR Among Rogo, Yogyakarta. Tak cuma pertandingan, sejumlah hal menarik pun mencuat dari gelaran akbar pebulutangkis muda tersebut.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Salah satu yang cukup jadi perbincangan adalah sososk pemain putri asal Belanda, Alyssa Tirtosentono. Mendengar nama atlet putri tersebut, rasanya cukup tak biasa bagi pemain asal negara-negara Eropa.

Tak menggunakan nama “bule” seperti pada umumnya, nama pemain ini justru lebih terdengar seperti nama Indonesia. Usut punya usut, ternyata Alyssa memang memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Dara 17 tahun ini merupakan pemain Belanda keturunan Jawa. “Kakek dan nenek saya orang Jawa, tapi saya tidak bisa berbahasa Indonesia,” ungkap Alyssa sembari tersipu, yang dilansir rilis resmi PBSI.

Kedatangannya ke Indonesia kali ini pun ternyata bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Alyssa mengatakan sudah dua kali berkunjung ke rumah keluarganya di Jakarta untuk liburan.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Indonesia bukanlah hal asing baginya. Ia bahkan banyak menyukai makanan khas Indonesia. “Di sini makanannya enak-enak, saya suka nasi goreng, sate, pisang goreng,” ujar Alyssa.

Alyssa pun bercerita bagaimana ia pertama kali terjun ke dunia bulutangkis. Kecintaan keluarganya terhadap olahraga ini, membuat Alyssa ikut bermain bulutangkis.

“Keluarga saya bermain bulutangkis, dan saya pikir rasanya cukup keren bermain bulutangkis. Jadi saya putuskan untuk ikut bermain,” ujar atlet kelahiran 29 Mei 2000 tersebut.

Alyssa juga ternyata mengidolakan pemain bulutangkis asal Indonesia, yaitu Greysia Polii. “Dia merupakan pemain putri yang bagus. Tekniknya bagus dan dia juga pintar,” kata Alyssa.

Mengenai target, Alyssa berharap bisa turun memperkuat Belanda di Olimpiade. “Saya ingin bermain di Olimpiade, tapi sebelum itu tentunya di Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Dunia dulu,” kata pemain ganda putri merangkap ganda campuran tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya