Rusdi Kirana

profil tokoh Rusdi Kirana
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Rusdi Kirana lahir di Cirebon, Jawa Barat, 17 Agustus 1963. Rusdi dibesarkan dari keluarga pedagang. Rusdi sejak kecil dan hingga sekarang dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan mudah bergaul.

Wiranto Bekali Para Calon Dubes Baru RI Isu-isu Keamanan

Sejak mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila, dia sudah memulai karier bisnisnya. Dia menjadi calo tiket pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Kariernya di sini secara perlahan mulai naik. Pada tahun 1990, dia bersama kakaknya, Kusnan Kirana, memulai bisnis biro penjualan tiket dengan nama biro Lion Tour.

Bisnis penjualan tiket Lion Tour berkembang pesat. Pada tahun 2000, usianya memasuki ke 37 tahun, dengan modal 10 juta dolar AS, Rusdi Kirana membuka bisnis penerbangan dengan nama Lion Air sekaligus penggagas biaya penerbangan murah. Dia punya prinsip selalu berusaha memberikan kepuasan kepada orang lain.

PKB Sebut Rusdi Kirana Sosok Pekerja Keras

Bisnis penerbangan Lion Sukses mengantarkan Rusdi, pada tahun 2012, berhasil menempati peringkat 33 dari 40 orang terkaya di Indonesia. Padahal jauh sebelumnya, Rusdi Kirana seorang calo tiket dan penjual mesin tik yang hanya menghasilkan Rp95.000 per bulan.

Sukses di dunia usaha, Rusdi mulai melirik dunia politik. Pada tahun 2013, Rusdi hampir mau ikut peserta konvensi calon presiden  yang digelar Partai Demokrat. Tapi Rusdi akhinya memilih bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Mahfudz Siddiq

Dia mengaku memiliki utang kepada mantan Ketua PKB Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tidak tanggung-tanggung, Rusdi didaulat menjadi Wakil Ketua Umum mendampingi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 2014-2019.

Peran Rusdi di PKB sangat signifikan dalam perolehan suara PKB saat pemilu 2014 lalu. Rusdi dibilang sebagai penyandang dana partai sarungan ini. Selain itu, Rusdi juga ingin menggerakkan ekonomi kerakyatan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan pendukung utama PKB. 

Pada pilpres 2014, Capres yang didukung PKB memperoleh kemenangan. Seiring dengan itu, presiden terpilih Joko Widodo akhirnya meminta Rusdi Kirana menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden 2014-2019. 

BIODATA

Nama Lengkap                 : Rusdi Kirana
Nama Panggilan               : Rusdi
Tempat, Tanggal Lahir     : Cirebon, 17 Agustus 1963
Agama                              : Kristen
Jabatan                             : Pemilik Lion Air

 

KARIER

  • Penjual mesin tik
  • Penjual tiket
  • Pendiri Biro Tiket Lion Tour, 1990
  • Pemilik Lion Air, 2000
  • Wakil Ketua Umum PKB, 2014-2019
  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, 2014-2019
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya