Putera Sampoerna

Putera Sampoerna
Sumber :
  • sampoernafoundation.org

VIVA.co.id – Putera Sampoerna lahir di Schiedam, Belanda,13 Oktober 1947. Ayahnya bernama Liem Swie Tee alias Aga Sampoerna dan kakeknya bernama Liem Seeng Tee. Kakeknya ini pendiri perusahaan Sampoerna. Jadi, Putra Sampoerna adalah generasi ketiga dari keluarga Sampoerna yang mengelola perusahaan rokok PT HTM Sampoerna.

Nadiem: Tanoto Foundation dan Putera Sampoerna Tak Dibiayai APBN

Putera Sampoerna menempuh pendidikan Internasional pertama di Diocesan Boys School, Hong Kong. Kemudian dilanjutkan ke Carey Baptist Grammar School, Melbourne, Australia. Lalu mengambil pendidikan tinggi di University of Houston, Texas, Amerika Serikat. Putera Sampoerna menikah dengan orang Amerika Serikat keturunan Tionghoa yang bernama Katie dan dikaruniai empat orang anak.

Setelah lulus kuliah, dia bersama Katie, menjalankan perusahaan kelapa sawit milik perusahaan dari Malaysia dan tinggal di Singapura. Pada 1980-an, Putera mendirikan Alfa dan Bank Sampoerna, namun Bank Sampoerna tidak terlalu sukses dan ditutup, sementara Alfa berkembang pesat hingga sekarang. 

Amankan Pasokan Tembakau, Sampoerna Ajak Petani Bermitra

Dari Singapura, Putera kembali ke Indonesia untuk membantu orang tuanya. Dia mulai bergabung dalam operasional PT HM Sampoerna pada 1980. Pada 1986, Putera secara resmi menjadi CEO PT HM Sampoerna menggantikan ayahnya. Untungnya Putera sudah dipersiapkan menjadi pemimpin dan naluri kepemimpinan ayahnya dari dulu turun- temurun mengalir ke dirinya.

Pada tahun 1994, ayah Putera meninggal dunia. Putera menurunkan kepemimpinan perusahan ke anaknya, Michael pada tahun 2000 dan mendirikan Putera Sampoerna Foundation yang dipegang oleh anaknya yang lain, Michelle.

HM Sampoerna Lebih Takut Jokowi Effect Ketimbang Trump 

Pada 2011, Putera Sampoerna menjadi orang terkaya ke-9 versi majalan Forbes dan menerima penghargaan berupa Peace Through Commerce Medal Award 2011 dari Administrasi Perdagangan Internasional Departemen Perdagangan Amerika Serikat. 

Selain bisnis, Putera juga sangat aktif meningkatkan perdagangan internasional antara Indonesia dan Amerika Serikat melalui kerjasama di bidang pendidikan tingkat tinggi. Inilah salah satu alasan mengapa Putera mendapat penghargaan itu. Untuk menunjang kualitasnya pendidikan Indonesia, pada 2013, Putera mendirikan Sampoerna School of Education dan Sampoerna School of Business.

BIODATA

Nama Lengkap   : Putera Sampoerna
Nama Panggilan : Putera
Tempat, Tanggal Lahir : Schiedam, Belanda, 13 Oktober 1947
Agama : Kristen
Jabatan : CEO PT Sampoerna Strategic
   
KELUARGA  
Istri : Katie
Anak : Jonathan Bradford Sampoerna
    Acqueline Michelle Sampoerna
    Michael Sampoerna
    Farah Khristina Sampoerna

PENDIDIKAN

  • Diocesan Boys School, Hong Kong
  • Carey Grammar High School, Melbourne, Australia
  • University of Houston, Texas, AS

PEKERJAAN

  • CEO PT Sampoerna Strategic, Jakarta
  • Presiden Komisaris PT HM Sampoerna, Jakarta
  • Pendiri Bank Sampoerna, Jakarta
  • Pendiri Alfa, Jakarta
  • Pengelola Kelapa Sawit, Malaysia
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya