Jakarta Gelar Pekan Raya Koperasi di Monas

Sumber :

VIVANews - Tak hanya Pekan Raya Jakarta saja yang akan menjadi pagelaran rutin dalam acara hari ulang tahun Kota Jakarta. Ada acara baru yang tak kalah seru yang melibatkan para pengusaha kecil di Jakarta.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah (UMKM) dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Pekan Raya Koperasi tahun 2009 di Monas, Jakarta Pusat.

Acara ini akan diselenggarakan selama lima hari mulai 1 Juli hingga 5 Juli 2009 di Parkir IRTI Monas Jakarta Pusat.

Rencananya, Pekan Raya Koperasi ini akan dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto.

"Pagelaran ini digelar selain untuk memperingati HUT DKI juga untuk menggairahkan kegiatan koperasi di Jakarta," ujar Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, Ade Soeharsono, Sabtu 27 Juni 2009.

Ade menjelaskan, dalam pagelaran ini akan dipamerkan berbagai produk hasil karya para anggota koperasi dan masyarakat umum mulai dari produk kayu seperti rotan dan produk logam dan batuan, produk kain, produk cair/atsiri serta produk makanan dan minuman.

"Diperkirakan akan ada 100 koperasi yang akan ikut. Ini adalah ajang pertama Pekan Raya koperasi yang ada di jakarta. Peserta pameran dan para pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Kepala Bidang Koperasi UMKM dan Perdagangan, Yuliani Purwaningsih menambahkan.

Pekan raya koperasi ini ditargetkan dapat  menyedot pengunjung hingga 10 ribu orang. Ketika ditanya apakah ini sebagai acara tandingan menyaingi PRJ pihaknya pun mengelak.

Menurutnya, acara ini digelar semata-mata untuk menggairahkan koperasi di Jakarta.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, saat ini terdapat 7.203 koperasi di Jakarta.

Dari jumlah itu koperasi yang aktif diperkirakan mencapai 4.647  dan sisanya sudah  mati alias tidak aktif berjumlah 2.556 koperasi.