Satu Bulan Uji Coba 5G, XL: Hasilnya Bagus

Ilustrasi smartphone dan teknologi 5G.
Sumber :
  • Pexels/jeshoots

VIVA – Teknologi terus berkembang. Bahkan teknologi jaringan pun semakin hari terus dikembangkan. Belakangan teknologi jaringan 5G pun mulai diuji coba oleh XL. Terbukti, jalan satu bulan uji coba 5G, XL menyatakan menunjukan hasil yang positif.

"Alhamdulilah hasilnya bagus," kata kata Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, di Jakarta, Jumat, 28, September 2018.

Dia menyatakan jaringan itu juga dicoba menonton live streaming. Mereka mengadakan nonton bareng upacara penutupan Asian Games 2018.

Untuk pengembangan uji coba 5G, Tri menyebutkan semua bisa saja dilakukan. Seperti melakukan penambahan ataupun memperluas cakupan wilayah uji coba.

"Bisa jadi. Tapi belum. Uji coba akan ada lisensinya," ujar Tri.

Uji coba jarigan 5G ini dilakukan di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara sejak 20 Agustus lalu. Selain 5G, mereka juga tes jaringan Wireless Gigabit atau WiGig.

Selain XL, uji coba itu juga dilakukan bersama Kementerian Kominfo dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Saat itu, Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini mengklaim bahwa 5G kecepatanya mencapai 20 Gbps.

Uji coba itu untuk mendukung penerapan Smart City di DKI Jakarta. Bisa memberi solusi bagi permasalahan pengelolaan kota.

Penerapan teknologi itu menggunakan frekuensi khusus 28 Ghz dan juga perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung dengan perangkat pengguna.