Cara Telkom di 2019 Bantu Tingkatkan SDM BUMN

Salah satunya, sambut pagi hari dengan senyuman.
Sumber :
  • Pixabay/FirmBee

VIVA – Usai menggelar pelatihan untuk SDM di sejumlah kementerian dan BUMN dalam ajang bernama PlugedIn, pada November lalu, makin banyak institusi yang mempercayai tangan dingin Telkom untuk mengasah SDM mereka. Bahkan event serupa akan digelar lebih banyak lagi di tahun 2019.

Hal ini diungkap Senior General Manager Telkom Corporate University (Telkom Corpu), Rina D. Pasaribu, dalam keterangan resminya, Senin, 24 Desember 2018. Dia mengklaim Telkom Corpu telah memperoleh kepercayaan tambahan untuk menyelenggarakan hal tersebut. 

"Selepas PluggedIn perdana, kami bahkan sudah memberikan layanan pelatihan kepemimpinan serta sharing Telkom Corporate University (CorpU). Kepercayaan tambahan kami dapat untuk menyelenggarakan pelatihan sumber daya manusia (SDM) dari sejumlah kementerian dan BUMN," ujar Rina.

BUMN yang dimaksud Rina, di antaranya adalah Kementerian Republik Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. 

"Selepas PluggedIn perdana, kami bahkan sudah memberikan layanan pelatihan kepemimpinan serta sharing pengembangan kompetensi di 3 (tiga) kementerian tadi. 

Selain itu, kata dia, Bank Jabar dan Lembaga Administrasi Negara pun menyatakan minat yang sama bekerjasama dengan Telkom Corpu. Itu pun masih sama, yakni berkisar pada kemungkinan pelaksanaan pelatihan hard skill dan soft skill bagi pegawai institusi tersebut.

Menurut Rina, sekalipun ilmu terkait pengembangan SDM banyak yang cuma-cuma di internet, namun pengalaman dan success story Telkom CorpU menjadi daya tarik dan sangat diminati. Mereka mengaku telah dinilai punya sistem dan metodologi yang teruji, bisa mengembangkan dan mempersiapkan SDM untuk bertransformasi sesuai kebutuhan bisnis dan jaman. 

Telkom Corpu sendiri semula hanya fokus melayani kebutuhan internal Telkom Group. Institusi yang sudah bekerja sama dengan Telkom Corpu antara lain Perhutani, Kimia Farma, PT Angkasa Pura II, Rumah Kreatif BUMN, Bank Mandiri, PT LEN, Bina Karya, PT BNI, Perum PNRI/Dir BUMN, dan PT Dirgantara Indonesia.

Oki Wiranto, Consulting Director, yang mengelola layanan Telkom CorpU untuk institusi eksternal Telkom Group menambahkan, pihaknya tahun depan berencana menggelar 2 (dua) kali PluggedIn di tiap semester. 

Adapun temanya akan diangkat seputar human capital management dan isu kekinian seperti pengembangan millenial menjadi future leader, penyiapan human capital untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, Future of Corpu, dan banyak lagi. Ahli global terkait human capital management pun akan dipanggil untuk memberikan materi. 

"Tahun depan pesertanya akan lebih bervariasi. Mulai dari kementerian, pemda, BUMN, swasta, dan perguruan tinggi," sambungnya. 

Selain soal digital learning, juga akan berbagi kesuksesan dalam Program Leadership Training, Program Pengembangan Kompetensi Managerial, Program Pembinaan New Employee, hingga Program Persiapan Pensiun. 

Dari survei kegiatan PlugedIn tahun 2018 juga terungkap, 39 persen perusahaan mengaku masih menerapkan pelatihan konvensional, 31 persen konvensional dan semi digital, dan baru 30 persen yang telah memadukan digital learning dengan pelatihan pada umumnya. kompetensi di 3 (tiga) kementerian tadi.