8 Ponsel 5G yang Siap Rilis, Mulai Huawei Sampai Samsung

Xiaomi Mi Mix 3, ada tanda 5G+
Sumber :
  • Xiaomi

VIVA – Tahun ini nampaknya menjadi tahun ponsel 5G. Sejumlah vendor mengatakan akan mengeluarkan produk tersebut, serta sejumlah rumor lainnya mengenai beberapa ponsel 5G. 

Presiden Qualcomm, Christiano Amon mengonfirmasi bahwa setiap vendor Android sedang mengerjakan 5G. Dilansir laman T3, Minggu, 6 Januari 2019, berikut adalah delapan produsen ponsel yang kemungkinan akan rilis ponsel 5G:

1. Samsung

Samsung dengan Galaxy S10 dikabarkan akan mendukung 5G. Pihak perusahaan asal Korea Selatan sendiri memberi sedikit gambaran ponsel tersebut saat Qualcomm Snapdragon Summit awal Desember lalu. 

S10 sendiri dijadwalkan akan diperkenalkan pada Februari mendatang. Menjadikan salah satu ponsel 5G yang muncul di awal tahun 2019. 

2. Huawei

Presiden Consumer Business Group Huawei Eropa Barat, Walter Ji mengonfirmasi pihaknya sedang mengerjakan ponsel 5G. Salah seorang eksekutif mengatakan bahwa jaringan 5G itu mungkin akan ada di P30 atau Mate series. 

Mate series berikutnya dikabarkan akan rilis September mendatang. Kabar terbaru, Bos Huawei, Richard Yu mengatakan ponsel 5G ini akan bisa dilipat juga. 

3. OnePlus

OnePlus jadi salah satu perusahaan yang akan memiliki ponsel 5G. CEO OnePlus, Pete Lau mengonfirmasi hal tersebut pada Mobile World Congress Shanghai. 

Kemungkinan besar ponsel 5G ini bernama OnePlus 7 atau OnePlus 7T. Keduanya merupakan penerus dari seri OnePlus 6 dan OnePlus 6T. 

4. Oppo

Beberapa waktu lalu, Oppo mengabarkan berhasil terhubung dengan menggunakan ponsel R15 yang menggunakan jaringan 5G. Mungkin hal tersebut juga menjadi sinyal positif Oppo akan rilis ponsel 5G di masa depan. 

5. Honor

Presiden Honor, George Zhao menjadi nama berikutnya yang mengonfirmasi akan produksi ponsel 5G. Dia juga berencana menjadikan produknya hadir pertama dengan perangkat 5G. Artinya kemungkinan Honor akan rilis ponsel 5G pada awal 2019. 

6. Xiaomi

Xiaomi Mi Mix 3 dengan jaringan 5G dikonfirmasi akan hadir pada 2019. Setidaknya ponsel itu akan rilis untuk Inggris dan Eropa. 

Kemungkinan besar perangkat itu akan ada di pasaran sebelum atau sesudah acara Mobile World Congress 2019 Februari mendatang. 

7. Sony

Memang belum ada pengumuman resmi mengenai Sony akan rilis ponsel 5G. Namun dari isu yang beredar, perusahaan ini juga akan ikut membuat produk 5G tahun ini. 

Sony kemungkinan akan membuat ponsel 5G dengan ketahanan baterai lama. Sebelum akhir Februari 2019 juga nampaknya menjadi waktu yang tepat bagi Sony rilis produk tersebut. 

8. iPhone

Dengan trio iPhone yang dirilis 2018 lalu, banyak yang penasaran gebrakan apa yang akan dilakukan Apple berikutnya. Dari kabar yang beredar kemungkinan besar adalah ponsel 5G. 

Namun masalah dengan Qualcomm, membuat Apple harus bersabar untuk dapat model 5G pada ponselnya. Kemungkinan besar iPhone 5G ini baru akan ada 2020 mendatang.