Jawaban Cak Nun Saat Ditanya Soal Kegemaran Nonton One Pride MMA

Cak Nun (kanan) dalam acara penghargaan Golden Award SIWO PWI
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Jamuan makan malam sekaligus pemberian penghargaan Golden Award SIWO PWI dalam rangka Hari Pers Nasional digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam, 8 Februari 2019. Acara ini dihadiri banyak pejabat, tokoh pers dan publik. Kegiatan diawali dengan hiburan dan orasi budaya oleh Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun. 

Cak Nun tampil di atas panggung ditemani moderator yang merupakan Pemimpin Redaksi media ternama Indonesia, Wahyu Muryadi. Dalam kesempatan ini, Wahyu menanyakan sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan One Pride MMA milik tvOne

"Cak Nun, ini informasinya tidak mau membaca koran dan menonton televisi, kecuali MMA di tvOne, kenapa?" kata Wahyu

Akan tetapi, hingga tiga kali ditanya, Cak Nun tak menjawab kenapa suka menonton olahraga adu fisik itu. Dia hanya menjelaskan secara umum tentang bagian dari Indonesia. 

"Tidak bisa kita bicara tentang pers Indonesia, tanpa bicara secara komprehensif tentang seluruh bagian dari Indonesia," kata Cak Nun.

"Dan kalau kita sudah ngomong Indonesia hari ini, tidak bisa kalau tidak ngomong Indonesa orba. Dan kalau kita ngomong Indonesia orba, tidak bisa menghindar dari Indonesia orla. Dan kalau sudah ngomong orla, kita tidak bisa untuk tidak ngomong Indonesia 45," ucapnya.

Dari pembacaan secara utuh itu, pendiri grup musik Kiai Kanjeng itu melihat ada beberapa masalah yang terjadi di Indonesia. 

"Yang kalau tidak diperbaiki segera, maka dunia pers, dunia olahraga, dunia manajemen, ekonomi, kebudayaan, dan dunia agama, akan tetap jadi sumber konflik. Karena itu, menurut saya tidak bisa bicara dunia pers hanya dengan dirinya sendiri," ujar Cak Nun melanjutkan. 

Malam penghargaan Golden Award SIWO PWI itu adalah bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional yang tahun ini dipusatkan di Jawa Timur. Sejumlah pejabat negara, dari menteri hingga kepala daerah hadir di acara tersebut. Hampir semua pimpinan media, tokoh pers, dan lainnya juga datang. 

Golden Award SIWO PWI sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada atlet berprestasi, tokoh, media, dan kepala daerah yang bersumbangsih dalam dunia olahraga. Beberapa yang meraih penghargaan tersebut, di antaranya Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia, Anindya Novyan Bakrie, kategori Pembina Harapan.

Selain itu, tvOne juga memperoleh Golden Award SIWO PWI kategori Media Peduli Olahraga. Penyerahan award diberikan oleh Menpora Imam Nahrawi kepada  kepada Presiden Komisaris PT Lativi Media Karya (tvOne) Anindra Ardiansyah Bakrie alias Ardi Bakrie.