Menkominfo Sebut Indonesia Belum Kebelet Pakai 5G

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.
Sumber :
  • Dok. Grab

VIVA – Menteri Kominfo Rudiantara mengaku belum ada kabar terbaru soal 5G di Indonesia. Sedangkan uji coba sendiri sudah dilakukan operator bersama pemerintah sejak tahun 2018. 

Untuk frekuensi, Rudiantara mengatakan alokasi paling cocok adalah 3,5 Ghz yang saat ini digunakan untuk satelit. Namun diakui Rudiantara saat ini Indonesia belum segera ingin ada 5G. Alasannya karena model bisnisnya juga belum tersedia. 

"Kan saya bilang belum kebelet karena model bisnisnya. Mau enggak bayar 20 kali lipat dari sekarang?" kata dia, di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019. 

Rudiantara mengatakan, untuk menyelenggarakan 5G juga harus mengacu pada World Radiocommunication Conference. Dia beralasan karena Indonesia mengikuti standar internasional. 

Selain itu dia menjelaskan, ada calon frekuensi lain namun tidak ideal. Menurut sang menteri, semakin tinggi frekuensinya, jarak radio makin rapat dan infrastruktur makin banyak yang dibangun. 

"2,3 GHz dibanding 900 Mhz kan jangkau 750-1 km itu, jadi BTS-nya cukup satu, kalau 2,3 lebih pendek, itu harus radio lebih banyak, apalagi 3,5 itu di atas 2,3," jelasnya. 

Jika Indonesia belum terlalu memikirkan soal 5G, negara tetangga Fillipina sudah siap gelar jaringan tersebut. Operator Globe Telecom dengan pemasok utamanya berasal dari Huawei. (mus)