Langkah Berani Smartfren Jajakan eSim, Walau Cuma untuk iPhone

Smartfren eSIM
Sumber :

VIVA – ?Slot eSim memang baru ada untuk iPhone keluaran terbaru. Namun, operator Smartfren terbilang cukup berani mengambil langkah pertama, guna mempopulerkan sim card tanpa fisik itu.

Usut punya usut, ternyata eSim memiliki potensi pasar yang cukup besar di masa depan. Ditambah, ia mampu memberikan efisiensi dalam urusan pengeluaran operator, khususnya dalam memproduksi sim card.

Embedded sim card atau yang biasa disingkat eSim, telah dimunculkan Smartfren sejak akhir Juli 2019, untuk menyambut iPhone seri XS yang memang memiliki slot eSim dan sim fisik sekaligus. Operator yang berkantor di kawasan Sabang, Jakarta Pusat itu optimistis, eSim bisa menjadi tren di masa depan.

"Setiap tahun, kami memproduksi pilihan juta kartu sim seluler. Biaya minimal per unit sim card fisik itu Rp15 ribu. Kalau perangkat pendukungnya makin banyak, eSim juga bisa jadi tren menggantikan sim card fisik. Jadi, biaya pembuatan kartu sim bisa dipangkas, sampai 80 persen," ujar Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, di Jakarta, kemarin.

Baca juga: 8 September, Yuk Lihat Bulan Gerhanai Saturnus

Sayangnya, Merza Enggan merinci, berapa tepatnya dari puluhan juta yang disebutkan dalam memproduksi kartu sim. Ia hanya mengatakan, jika Rp15 ribu per satu unit sim card itu belum termasuk biaya logistik dan distribusi hingga sampai ke tangan konsumen.

Namun begitu, Merza optimistis bahwa operator seluler lainnya di Indonesia akan mengikuti jejak mereka untuk mengadopsi eSim. Seiring dengan semakin banyaknya perangkat yang juga menyertakan slot eSim.

Untuk semakin memperkenalkan eSim, Smartfren memiliki program gratis Smartfren eSim serta trade in, di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka hingga 8 September 2019. 

"Dengan eSim, pelanggan dapat menggunakan layanan 4G LTE Smartfren tanpa menggunakan sim card berbentuk fisik. Hal ini tentu menambah fleksibilitas bagi pelanggan, untuk mengatur sendiri preferensi data, voice dan SMS, serta menikmati paket data yang menarik dari Smartfren," tuturnya.

Proses upgrade eSIM tidak dikenakan biaya. Pelanggan Smartfren cukup membawa iPhone yang sudah memiliki fitur eSim, yakni iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max, ke lokasi acara, tunjukkan kepada petugas dan akan langsung mendapatkan eSim Smartfren secara gratis.

Ada juga program trade in untuk kalian yang ingin menggunakan iPhone seri X. Caranya, bawa perangkat lamamu dan tukarkan dengan iPhone XR, iPhone XS, dan juga iPhone XS Max, serta dapatkan eSim Smartfren secara gratis.

Jika menggunakan eSim, ada kuota internet hingga 90GB, gratis telepon 30 menit ke nomor lain, dan menelepon sepuasnya ke sesama nomor Smartfren selama satu tahun penuh. Selain itu, ada juga cash-back hingga Rp3,4 juta. 

Jangan lupa untuk membawa KTP serta Kartu Keluarga, ya.