Lagi, Kominfo Buka Internet di 2 Kabupaten Papua

Menara BTS milik XL Axiata.
Sumber :
  • Dok.XL

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika, secara bertahap telah membuka blokir internet di Papua dan Papua Barat. Kali ini, wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika yang mendapat giliran. 

"Situasi dan kondisi keamanan sudah kondusif, pemerintah membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Selasa 20 September pukul 21:00 WIT," ujar Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam keterangan resmi, dilansir Selasa 10 September 2019.

Menurut Ferdinandus, dari 29 kabupaten atau kota di wilayah Papua, sebanyak 27 kabupaten yang sudah dioptimalkan kembali layanan data internetnya. 

Wilayah yang dimaksud adalah Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, dan Mappi.

Baca juga: eSIM Smartfren Bantu Pengguna iPhone di Indonesia

Kemudian, dilanjutkan ke Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya, dan Mimika. 

Untuk di Papua Barat, disebut belum ada perubahan sejak Senin 9 September. Wilayah yang sudah bisa menggunakan internet, yakni Kabupaten Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong.

Wilayah di Papua yang masih belum dibuka layanan internetnya, hanya tinggal dua kabupaten atau kota lagi, yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Sedangkan, di Papua Barat yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong. 

"Dua kota di Papua Barat, Kota Manokwari dan Kota Sorong masih harus terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan," katanya.