Empat Hal yang Tak Boleh Anda Beli dengan Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pernahkah Anda mengalami godaan seperti ini: dompet kosong di tanggal tua, namun restoran burger siap saji yang Anda lewati saat jam pulang kerja sangat menggoda. Tetapi, jangan lakukan itu!

Jangan gunakan kartu kredit yang memang sudah “memanggil” untuk digesekkan. Jika kamu tidak bisa membayar secara tunai untuk sepaket soda dan burger keju, tahan dan tunggu sampai Anda tiba di rumah untuk makan malam.

Memang, kartu kredit sangat memudahkan kita melakuan pembelian, bahkan terlalu memudahkan. Namun, ada beberapa item yang sebaiknya tidak dibeli menggunakan kartu kredit.

Apa alasannya? Karena, membayar secara tunai adalah cara terbaik dalam belanja baik itu pembelian kecil, kebutuhan sehari-hari, atau barang yang mahal.

Berikut ini, empat hal yang jangan Anda beli dengan kartu kredit:

Tagihan rumah sakit

Anda punya asuransi kesehatan yang meng-cover biaya kesehatan saat sakit. Sayangnya, ada beberapa item yang dikecualikan dan Anda harus membayarnya sendiri. Sebaiknya, jangan gunakan kartu kredit untuk membayarnya. Sebagai alternatifnya, kenapa tidak menggunakan surat jaminan kantor untuk membayar sisa tagihan tersebut.

Banyak perusahaan yang bersedia melakukan pembayaran kesehatan seperti ini dengan potongan gaji. Keuntungannya, Anda bisa menghindari bunga kartu kredit yang tinggi.

Baca juga: Batman V Superman, Siapa yang Lebih Kaya dan Lebih Mahal?

Belanja online di web kecil

Kartu kredit sudah semakin canggih. Untuk membuat pengguna lebih aman dan nyaman, biasanya pada kartu sudah dibenamkan chip untuk membuat transaksi lebih aman dari kejahatan online seperti scam.

Meski teknologi keamanannya sudah semakin canggih, kartu Anda tetap tidak terproteksi dari bentuk penipuan kan? Jadi, berhati-hatilah dalam melakukan pembelian online, khususnya di situs yang tidak direkomendasikan.

Ada sedikit tip untuk kamu yang gemar belanja online. Perhatikan "https" pada URL situs yang Anda akses. Jika situs tersebut tidak memilikinya, terlebih jika alamatnya justru hanya http tanpa "S", jangan beli barang dari situs tersebut. Bisa-bisa, situs tersebut adalah jebakan untuk mencuri data dan informasi berharga dari kartu kredit Anda.

Liburan ke luar negeri

Semua orang membutuhkan liburan dan siapa sih yang tidak kepengin berlibur ke luar negeri? Liburan memang penting, kawan, tetapi hemat tetap yang utama. Sangat mudah untuk membuat tagihan kartu kredit Anda meroket dalam sekali perjalanan ke luar negeri jika transaksi hotel, makanan, taksi hingga tiket masuk destinasi wisata dibayar menggunakan kartu kredit. Jangan sampai jatuh dalam godaan ini.

Sebaiknya, buat anggaran dan patuhi. Gunakan uang tunai yang sudah Anda sediakan terlebih dahulu untuk setiap transaksi. Jika tidak mematuhi saran ini dan lebih memilih kartu kredit, bisa -bisa ini menjadi liburan terakhir di tahun ini.

Baca juga: Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia

Bayar uang kuliah

Sejumlah universitas memang memperbolehkan pembayaran uang masuk, atau uang kuliah dengan kartu kredit. Tetapi, sebaiknya jangan gunakan kartu sakti Anda untuk hal ini. Sebab, selain bunga kartu kredit cukup tinggi, banyak kampus yang justru membebankan biaya tambahan bagi mahasiswa yang melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Jika Anda sedang kesulitan dana, tidak ada salahnya mendatangi yayasan untuk meminta keringanan pembayaran, atau justru beasiswa. (asp)