Cara Ampuh Kelola Rejeki Tambahan Supaya Kaya

Ilustrasi uang banyak.
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Kamu tahu istilah uang hadiah? Uang hadiah merupakan segala macam uang lebih yang kamu terima atas suatu prestasi, atau karena suatu kejadian yang tidak disangka.

Contohnya, seperti uang warisan atau uang hadiah undian. Uang hadiah sekecil apapun nilainya tetaplah rejeki tambahan yang perlu disukuri.

Ketika melihat saldo di rekening bank mendadak naik, bahkan hingga berkali-kali lipat, banyak sekali pikiran yang bisa berkecamuk di dalam pikiran orang penerima uang hadiah tersebut.

Apakah seluruh uang ini akan digunakan untuk berlibur dan membeli berbagai macam barang mewah yang diidamkan, karena hanya dianggap sekedar uang bonus? Atau malah ditabung saja semuanya?

Nah, agar jangan sampai uang hadiah yang kamu terima ludes sia-sia, coba kelola uang hadiahmu dengan lima cara berikut:

1. Gunakan untuk membeli barang yang diimpikan

Benar, karena sifatnya yang merupakan uang hadiah, tentu tidak salah jika sebagian di antaranya kamu gunakan untuk membeli barang yang kamu idam-idamkan sejak dulu. Mau jalan-jalan ke Paris untuk foto di depan menara Eiffel? Atau mungkin, ganti smartphone kamu dengan merek canggih yang lagi beken sekarang? Silakan.

Namun, kamu perlu ingat bahwa menggunakan uang bonus tersebut untuk kebutuhan seperti ini sebaiknya tidak memakan porsi yang signifikan, dibandingkan cara lain yang dijelaskan. Persentase yang ideal untuk menggunakannya kembali lagi kepada kebutuhan.

Baca Juga: Pengen Traveling dengan Pesawat Kelas Bisnis Tapi Harga Ekonomis? Simak Caranya!

2. Lunasi utang segera mungkin

Kalau kamu masih memiliki utang yang belum lunas, maka inilah saat yang paling tepat untuk melakukannya. Gunakan uang hadiah yang kamu peroleh untuk secepatnya melunasi utang.

Sebaiknya, kamu mulai menghapus utang dimulai dari yang memiliki bunga paling besar. Kalau hidup bebas utang, rasanya jauh lebih lega kan?

Baca juga: Utang Baik Versus Utang Buruk-Mana yang Kamu Punya?

3. Yuk, mulai berinvestasi

Investasi merupakan salah satu cara bijak memanfaatkan uang tambahan, seperti uang hadiah karena memiliki manfaat jangka panjang dibandingkan dengan keperluan sehari-hari. Gunakan uang hadiah tersebut untuk modal tambahan memulai investasi.

Tenang, kamu tidak perlu menggunakan seluruh bonus kamu untuk produk investasi. Carilah produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko kamu, lalu sisihkan sebagian dari bonus untuk memulai investasi tersebut (seperti saham, reksa dana, emas, dan sebagainya).

Cukup gunakan di antara 10 persen hingga 20 persen saja, kamu sudah bisa memulai ber-investasi untuk masa depan kamu. Kecuali kamu ingin membeli produk investasi yang harganya jauh lebih tinggi seperti properti, kamu tidak perlu mengalokasikan terlalu banyak uang hadiah kamu untuk investasi.

Baca Juga: Simak Strategi Cerdas Pengelolaan Keuangan Keluarga Berikut!

4. Gunakan untuk menambah tabungan

Kamu bisa menggunakan uang hadiah tersebut, untuk menambah tabungan yang kamu rencanakan, seperti tabungan pendidikan, ataupun tabungan hari tua. Manfaatkan sebagian dari uang hadiah kamu untuk mengisi tabungan dengan lebih cepat.

Bagi kamu yang belum memiliki dana darurat, sekaranglah saatnya untuk membuat cadangan dana darurat. Kamu tidak akan pernah tahu keadaan darurat apa yang akan terjadi di masa depan nanti.

Idealnya, dana darurat jumlahnya enam sampai dua belas kali dari pengeluaran bulanan. Jangan lupa untuk terapkan prinsip hidup hemat supaya tabungan kamu makin besar ya.

5. Jadikan modal untuk berbisnis

Apakah kamu punya keinginan untuk mulai berbisnis? Bagi kamu yang sudah kepingin memulai usaha sampingan, bonus merupakan tambahan pemasukan yang berguna untuk mempercepat pengumpulan modal. Kamu bisa segera memulai bisnis sampingan untuk menambah sumber pemasukan di masa depan, sehingga bonus yang kamu gunakan sifatnya jadi produktif.

Kalau kamu masih membutuhkan tambahan dana untuk memulai bisnis secepatnya, kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan. Fasilitas pinjaman ini disukai, karena sifatnya fleksibel, cepat dan tidak perlu memberikan jaminan kepada bank.

Gunakan situs perbandingan populer produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. (asp)