Dengan Berjalan Kaki, Ini Lima Pengeluaran yang Bisa Dihemat

Pegawai Kantor Berjalan Kaki
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Berjalan kaki, tidak cuma baik bagi kesehatan jasmani. Dengan berjalan kaki, kamu pun bisa menghemat uang yang tidak sedikit. Tidak heran, bila orang-orang di negara maju memilih beraktivitas dengan berjalan kaki.

Apa saja sih, biaya yang bisa kamu pangkas hanya dengan berjalan kaki? Berikut ini jawabannya :

Biaya keanggotaan gym

Berjalan kaki adalah olahraga yang sangat murah, namun efektif. Dengan mengombinasikan jalan kaki dan makanan yang sehat, kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Jika sudah begini, iuran gym yang harganya bisa mencapai Rp300 ribu hingga Rp500 ribu, bisa kamu hemat.

Baca juga: Punya Keinginan Ganti Mobil dengan Menjual Mobil Lama? Agar Lebih Untung, Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

Biaya kesehatan

Orang bisa menghabiskan sepertiga dari penghasilannya bila jatuh sakit. Cukup berjalan kaki, Anda bisa menghindari sakit, meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Cukup 30 menit berjalan kaki dalam sehari untuk memperoleh manfaat optimalnya.

Ongkos transportasi lebih kecil

Salah satu pengeluaran terbesar orang yang tinggal di kota besar adalah ongkos transportasi. Sebab, frekuensi perjalanan manusia kota jauh lebih tinggi. Untuk menghemat pengeluaran, cobalah lebih banyak beraktivitas dengan berjalan kaki.

Misalnya, lebih baik berjalan kaki menuju stasiun, atau terminal ketimbang harus menggunakan ojek, atau angkot. Atau, membiasakan diri berjalan kaki, saat berbelanja di minimarket, ketimbang menggunakan motor.

Baca juga: Begini Caranya Mengolah Hobi Kamu Menjadi Uang

Hemat uang parkir

Salah satu keuntungan berjalan kaki saat beraktivitas adalah gratis uang parkir. Di Jakarta, ongkos parkir motor bisa mencapai Rp2.000 per jam. Sedangkan pengemudi mobil, wajib merogoh Rp3.000 per jam. Bayangkan, berapa biaya yang bisa kamu hemat dalam sebulan dengan berjalan kaki.

Servis kendaraan murah

Sedikitnya orang menghabiskan Rp100 ribu, saat service motornya. Jika kendaraan Anda adalah mobil, biayanya jauh lebih mahal.

Nah, bila kendaraan Anda lebih jarang keluar, otomatis kondisinya jauh lebih prima dibandingkan mereka yang sehari-hari menggunakan kendaraan. Jika Anda berhasil mengurangi pemakaian kendaraan, uang yang bisa dihemat lumayan loh. (asp)