Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 29 April 2016 | 06:01 WIB

Manfaat Tersembunyi dari Penggunaan Kartu Kredit

Team VIVA »
Daurina Lestari
Foto :
  • Halomoney.
Ilustrasi siasati kartu kredit.

VIVA.co.id – Kartu kredit bukanlah benda yang asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Namun, kebanyakan masih mengasosiasikan kartu kredit sebagai alat berutang yang perlu dijauhi. 

Sebenarnya, ini merupakan salah satu bentuk kesalahpahaman umum kartu kredit yang sering terjadi di masyarakat. Jika mengerti penggunaannya, kartu kredit sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Bagi kamu yang penasaran, simak empat manfaat tersembunyi dari penggunaan kartu kredit yang sering tidak disadari berikut:

1. Membantu untuk membayari transaksi rutin bulanan

Terpopuler

Saat ini, transaksi rutin bulanan seperti pembayaran air, listrik, internet, TV kabel, atau gym langganan kamu dapat dilakukan dengan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit untuk transaksi bulanan ini membuat kamu tidak akan lupa untuk membayar transaks-transaksi rutin tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu mengurusi administrasi pembayaran transaksi-transaksi rutin tersebut.

Baca juga: Transaksi Kartu Kredit Sekarang Bisa ‘Diintip’ Ditjen Pajak, Perlu Takutkah Kita?

2. Pengganti uang tunai sebagai alat pembayaran yang praktis

Mana yang kamu pilih, membawa-bawa uang tunai jutaan rupiah, atau membawa satu kartu kredit? Ketika kamu memiliki kartu kredit, kamu tidak perlu membawa-bawa uang tunai terlalu banyak. 

Hal ini membawa keuntungan tersendiri, terutama dari sisi keamanan. Kamu tidak perlu membawa dompet tebal penuh uang sehingga meminimalisir risiko menjadi korban kejahatan.

Baca juga: Tujuh Tips Keuangan JItu Bagi Pasangan yang Akan Menikah!

3. Laporan pengeluaran bulanan untuk transaksi yang menggunakan kartu kredit

Tahukah kamu, kalau seluruh transaksi yang kita lakukan dengan kartu kredit dicatat dalam billing statement yang dikirimkan setiap bulan kepada pemegang kartu kredit? Kamu bisa memeriksa transaksi apa saja yang telah dilakukan selama satu bulan ini. 

Hal ini berguna untuk mempelajari pola transaksi, sekaligus membantu saat kamu ingin membuat bujet bulanan. Pembuatan bujet akan membantu untuk merencanakan pengeluaran apa saja yang bisa dilakukan sepanjang bulan untuk mencegah "besar pasak daripada tiang".

4. Membantu untuk berhemat

Kartu kredit sebenarnya dapat membantu kamu untuk berhemat banyak. Salah satu alasan utamanya adalah kartu kredit memiliki berbagai fitur yang dimanfaatkan untuk berhemat. Beberapa fitur kartu kredit yang dapat digunakan untuk berhemat adalah diskon, cashback, dan reward points.

Nah, agar lebih mudah dalam berhemat, gunakan kartu kredit yang sesuai kebutuhan kamu. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Aktivitas Gunung Bromo Fluktuatif
TVONE NEWS - 26 menit lalu