Kisah Sukses Pembuat Perhiasan dan Jam Para Seleb Dunia

Jacob Arabo
Sumber :

VIVA.co.id – "Jacob the Jeweler", nama ini mungkin pernah Anda dengar di salah satu lagu Kenya West, atau 50 Cent. Jacob Jeweler adalah nama julukan bagi Jacob Arabo, desainer perhiasan dan jam tangan termahal di Amerika Serikat. 

Perhiasaan dan jam tangannya dipakai oleh para selebriti dan kalangan elit dunia, mulai dari Christiano Ronaldo, Michael Jackson, Jay Z, dan Beyonce, hingga keluarga keluarga kerajaan. 

Dikutip dari Business Insider, Jumat 20 Mei 2016, Arabo lahir di Uzbekistan, keluarganya berimigrasi ke New York di saat ia berusia 14 tahun. 

Di saat keluarganya membangun kehidupan baru, Arabo membuat keputusan untuk keluar sekolah pada usia 16 tahun dan kursus di sebuah sekolah perdagangan perhiasan di Brooklyn. Perhiasan pertama yang dia buat adalah kotak perhiasan, yang membuatnya menang perlombaan desain di kelasnya. 

Lulus dari sekolah tersebut, Arabo bekerja di sebuah pabrik perhiasan. Ketika melamar kerja, dia berbohong soal usianya, bahwa ia berusia 18 tahun untuk mendapatkan pekerjaan dan upah US$125 per minggu. 

"Ketika itu saya lapar untuk mendapatkan sebuah pekerjaan," ceritanya. 

Arabo, kemudian mulai mendesain perhiasannya sendiri dan bekerja sama dengan seorang sales untuk menjualnya di pasar.

"Saya selalu tahu bahwa saya memiliki sesuatu di dalam saya, bahwa saya bisa melakukan ini," katanya. 

Dia pun berhasil menghasilkan pendapatan lebih dari US$1.500 per minggu, lebih dari 10 kali gajinya di pabrik. Dia, kemudian membuat bengkel perhiasaan di kamar tidurnya. Dia juga merekrut beberapa temannya di sekolah perhiasaan untuk membantunya membangun bisnis.   

Kemudian, dia memindahkan bisnisnya ke sebuah pabrik di 45th Street di Manhattan. Beberapa tahun kemudian, dia menjual perhiasannya dengan merek namanya sendiri. 

Reputasi produknya yang unik semakin terkenal, dan banyak selebriti Hollywood datang kepadanya. Penggemar pertamanya adalah rapper, BIG dan Diddy, yang membuat lirik lagu menyebut namanya "Jacob the Jeweler". Namanya sudah disebut setidaknya di 70 lagu. 

Nama-nama besar seperti desainer-desainer Dolce & Gabbana juga membeli perhiasannya. Kliennya mulai Michael Jackson, David Beckham, dan Madona. Mereka, bahkan mengundang Arabo ke pesta mereka dan memintanya mendesain perhiasan untuk dipakai di red carpet dan majalah.   

Kemudian, Arabo mengembangkan sebuah jam pertamanya bernama "Angel" dari nama istrinya Angela, pada 2001. Supermodel Naomi Campbell memakai jam buatannya yang disebut Five Time Zone Watch (jam zona lima waktu) untuk sebuah media fashion.

Publikasi gratis itu memicu banyak permintaan untuk jamnya. Jam bertatahkan berlian ini dimaksudkan untuk kliennya yang suka berpergian.

Jam Jacob memiliki ciri khusus dari kerumitannya jam tangan Astronomi dengan kaca transparan. Harganya mulai dari US$200 ribu (Rp2,64 miliar) sampai sekitar US$1 juta (Rp13,2 miliar).  

Anda bisa membeli jam tangan Jacob&Co di 20 negara. Mereknya sekarang dihormati oleh para horological dan pembuat jam Swiss, yang datang ke Baselworld untuk melihat hasil kerjanya setiap tahun. 

Salah satu jam ciri khasnya, dengan desain teknikal, adalah Quenttin yang seharga mulai dari US$358 ribu. Awalnya, jam ini didesain atas permintaan sutradara terkenal Quentin Tarantino.
   
Billionaire Watch dengan 260 karat berlian bernilai US$18 juta menjadi salah satu jam paling mahal yang pernah diciptakan Arabo. 

Perhiasannya dipakai oleh tokoh-tokoh dunia. Beberapa seleb dunia yang baru-baru ini mengenakan perhiasannya adalah Paris Hilton dan Pharrell. 

"Jika bukan selebritis, seorang pengusaha, seorang pangeran, atau seorang ratu... Saya bertemu dengan semua orang-orang ini," katanya. (asp)