Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 23 Juli 2016 | 06:00 WIB

Gunakan Kartu Kredit untuk Bisnis, Ini Panduannya

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Foto :
Kartu kredit

VIVA.co.id –  Kartu kredit adalah alternatif terbaik untuk membiayai bisnis. Khususnya, untuk kebutuhan yang tentatif, atau non permanen. Saat ini, banyak sekali bisnis sekala kecil dan menengah yang memiliki kartu kredit khusus bisnis. 

Namun, jangan sampai penggunaan kartu kredit tersebut, justru merugikan bisnis Anda. Berikut ini, prinsip yang harus diketahui sebelum mengajukan kartu kredit untuk bisnis:

Baca Juga

1. Ketahui perbedaan antara kartu kredit personal dan bisnis

Tidak ada salahnya memiliki kartu kredit korporat untuk membiayai pengeluaran bisnis. Bila kebutuhannya bisnis, maka jangan sampai menggunakan kartu kredit personal. 

Terpopuler

Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh, jika kartu kredit yang digunakan adalah kartu kredit khusus untuk bisnis. Salah satunya, kamu akan mendapatkan lebih dari satu kartu kredit untuk rekening yang sama. 

Selain itu, bila pembayaran tagihan dilakukan secara disiplin Anda berkesempatan mendapatkan limit piunjaman yang lebih besar, karena skor kredit yang baik. 

Baca juga: Kamu Termasuk Hemat atau Pelit? Ini Cara Bedakannya

2. Cari kartu kredit terbaik

Jangan puas dengan kartu kredit pertama, meskipun kelihatannya cukup baik. Kartu kredit korporat menawarkan reward (hadiah) beragam dan berbeda satu dengan yang lain. 

Coba cari kartu kredit yang menawarkan reward paling cocok dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi, bila pekerja Anda sering melakukan perjalanan untuk keperluan perusahaan, kartu kredit yang menawarkan reward diskon tiket pesawat, atau hotel lebih cocok untuk dimiliki.

3. Jangan gunakan kartu kredit personal untuk bisnis

Meskipun kartu kredit personal yang saat ini Anda miliki cukup menguntungkan, jangan pernah menggunakannya untuk kebutuhan bisnis. Sebab, Anda akan bingung, saat tiba masanya harus melakukan pembukuan dan memisahkan mana pengeluaran pribadi dan bisnis. 

Dengan memiliki kartu kredit bisnis yang terpisah dari kebutuhan personal, Anda akan tahu berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan perusahaan.

4. Berikan kartu kredit pada yang bisa dipercaya

Salah satu keuntungan dari kartu kredit korporat adalah Anda bisa mendapatkan sejumlah kartu untuk rekening yang sama. Kartu kredit tersebut bisa diberikan pada mereka yang berwenang, misalnya pada para manajer. 

Namun, Anda harus hati-hati dalam menentukan orang yang bisa memegang kartu kredit dan tidak. Jangan sampai orang yang dipercaya memegang kartu kredit, justru menggunakan kartu kredit perusahaan untuk kebutuhan pribadi. Bisa-bisa, tagihannya membengkak dan membuat arus kas bisnis Anda berantakan. 

Baca juga: 5 Hadiah Pernikahan Unik Tapi Murah Meriah

5. Tentukan penggunaan kartu kredit

Kartu kredit bisa digunakan untuk kebutuhan dana darurat dan bisa melacak pengeluaran bisnis Anda. Meski demikian, tetap ada risiko bila bisnis Anda bergantung pada kartu kredit. 

Sebab, bunga kartu kredit merupakan bunga yang paling tinggi. Akan lebih baik, jika Anda menggunakan kredit usaha, atau menarik investor berinvestasi pada bisnis Anda. Dengan demikian, keuangan bisnis Anda juga jauh lebih stabil. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Trotoar Jakarta Yang Bukan Lagi Untuk Pedestrian
BERITA - 2 jam lalu