Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 19 Agustus 2016 | 06:00 WIB

4 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Manfaatkan Kartu Kredit

Team VIVA »
Daurina Lestari
Foto :
  • Halomoney
Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit

VIVA.co.id – Ilmu pengelolaan keuangan merupakan ilmu dasar yang perlu dimiliki oleh semua orang, apapun latar belakang pendidikannya. Memahami sedikit dasar-dasar manajemen keuangan pribadi, terbukti dapat membantu kehidupan seseorang menjadi lebih sejahtera.

Sebagai contoh, apakah kamu mengetahui bahwa deposito di bank menerapkan bunga berbunga? Misalnya, jika kamu menabung Rp10 juta dengan bunga 10 persen per tahun, maka di akhir tahun pertama kamu akan memperoleh bunga Rp1 juta (10 persen x Rp10 juta).

Baca Juga

Namun, di akhir tahun kedua, nilai bunga yang kamu peroleh bukanlah Rp1 juta, melainkan Rp1,1 juta (10 persen + [Rp10 juta + bunga Rp1 juta]). Menjadi melek finansial membuat kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang baik.

Managing director dari situs pembanding produk keuangan terpopuler di Indonesia, HaloMoney.co.id, Jay Broekman menyatakan, manajemen pengelolaan keuangan pribadi juga dapat dibantu dengan penggunaan kartu kredit.

Terpopuler

“Kartu kredit tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembayaran alternatif uang tunai dan kartu debit saja. Jika Anda lebih melek finansial dan cermat, kartu kredit justru sangat membantu dalam manajemen keuangan sehari-hari,” kata Jay.

Berikut ini, merupakan empat tips pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan kartu kredit yang Anda miliki:

Manfaatkan laporan transaksi pemakaian kartu kredit

Jika Anda pengguna kartu kredit, tentu Anda tahu bahwa bank akan mengirimkan laporan penggunaan kartu kredit setiap bulan. Dari sini, Anda bisa melihat berbagai transaksi yang Anda lakukan, serta berbagai cicilan yang sedang berjalan.

Ini sangat bermanfaat untuk membuat bujet pengeluaran Anda di bulan berikutnya. Sekaligus, menghitung penyisihan dari penghasilan Anda untuk ditabung.

Gunakan fitur cicilan

Misalkan Anda ingin membeli suatu smartphone baru, Anda bisa memilih untuk menggunakan tabungan Anda, atau mencicilnya dengan kartu kredit. Tergantung pihak merchant, bisa jadi Anda diberikan bonus diskon, atau cashback yang akan mengurangi nilai beli smartphone tersebut.

Fitur cicilan kartu kredit juga berguna untuk menjaga kestabilan arus kas Anda setiap bulan. Hanya saja, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk melunasi cicilan baru setiap bulannya.

Otomatisasi untuk pembayaran rutin

Ada banyak pembayaran rutin yang mungkin saja bisa terlupakan dan mengakibatkan denda, jika telat dibayar. Sebagai contoh, Anda mungkin perlu membayar rutin untuk listrik, air, asuransi, dan keanggotaan gym.

Anda tidak perlu khawatir akan lupa membayar tagihan, dengan menggunakan kartu kredit untuk otomatisasi pembayaran setiap bulan.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas auto-debet untuk melunasi tagihan kartu kredit dari rekening bank Anda. Hal ini juga membantu Anda menghemat waktu dan mencegah Anda telat melunasi tagihan kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit lebih dari satu. Umumnya, satu orang dibatasi maksimal menggunakan dua kartu kredit saja dari pemerintah, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan di bawah Rp10 juta per bulan. Jika kamu jeli memanfaatkan kondisi ini, kamu dapat memanfaatkannya untuk mempermudah pengelolaan keuangan kamu.

Setiap kartu kredit memiliki keunggulan fiturnya masing-masing. Gunakan keunggulan tersebut untuk memaksimalkan diskon dan manfaat lainnya dari setiap kartu kredit.

Sebagai contoh, kartu kredit A memiliki banyak fitur diskon untuk belanja kebutuhan di situs e-commerce dan supermarket. Sedangkan kartu kredit B memiliki banyak fitur terkait traveling dan belanja berbagai kebutuhannya.

Nah, gunakan masing-masing kartu kredit untuk transaksi yang sesuai untuk memaksimalkan diskon, atau manfaat lainnya. Jadikan diri Anda melek finansial dan cermat dalam memanfaatkan kartu kredit, maka Anda dapat mencapai kesejahteraan finansial. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Tips Aman Berkendara di Dekat Truk Tangki BBM
TVONE NEWS - 39 menit lalu