'Rapunzel' Indonesia Panjangkan Rambut Selama 26 Tahun

Arnie Maritania, 'Rapunzel' Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/Shalli Syartiqa

VIVA.co.id – Melihat kehidupan keluarga Arnie Maritania dan putri kecilnya yang menggemaskan seperti melihat sosok Rapunzel dalam kehidupan nyata. Arnie merupakan generasi ketiga dari keluarganya yang memiliki berambut panjang.

Kepada VIVA.co.id, ibu dua anak itu menceritakan awal mula ia jatuh hati dengan rambut panjang seperti sang ibu.

"Terinspirasi dari orangtua, orangtua terinspirasi dari nenek. Nenek, rambutnya sepanjang tinggi badannya, kurang lebih 180 meter, turun ke mama, panjangnya lebih dari satu meter. Jadi dari situ aku terinspirasi," kata wanita berusia 30 tahun tersebut.

Kendati demikian, dia menuturkan sempat ingin memiliki rambut panjang lantaran teman-teman sekolahnya menganggap rambut panjang bukan tren lagi.

"Dan karena pengen punya rambut pendek, aku beli wig, saat SMP/SMA. Karena semua orang sudah tahu aku dengan rambut panjang, pas aku pakai wig pendek, orang enggak ada yang manggil aku dan akhirnya aku lebih nyaman dengan rambut panjang," tutur dia.

Untuk merawat rambut sepanjang 160 meter tersebut, wanita asal Palembang, Sumatera Selatan itu mengatakan, rela berjam-jam merawat sendiri agar tetap indah. Sebab, salon banyak yang menolaknya lantaran dibutuhkan lebih dari dua orang untuk merawatnya.

"Aku sekali perawatan di salon, pelayannya akan memegang kepalaku 4-5 orang. Keramas, nge-blow dan lain-lain, jadi hanya salon tertentu saja yang mau. Jadi sekarang juga enggak pernah ke salon," ucapnya.

Adapun perawatan alami dari dalam yang dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi air, sayur dan buah-buahan. Sementara perawatan dari luar, dengan menggunakan sampo dan pelembap.

Sementara untuk menyisir rambutnya agar tidak rontok, Arnie memiliki cara tersendiri. "Nyisirnya enggak pakai sisir, tapi pakai tangan, dibuka satu-satu rambutnya. Sisir dipakai kalau sudah mau selesai dan enggak kusut rambutnya," katanya.

Dia juga memilih kipas angin dari pada hairdryer untuk mengeringkannya, meski membutuhkan waktu seharian. Sebab, penggunaan mesin pengering, dia khawatir bisa merusak rambutnya.

Selain dirinya, putri pertama Arnie, Gladys Callysta Rinjani yang berusia 4,5 tahun itu juga memiliki rambut sepanjang 80 sentimeter. "Gladys mau seperti mami rambut panjang kaya Rapunzel. Enggak mau dipotong pendek rambutnya," kata gadis yang memiliki hobi modelling tersebut.

Sejak usia tiga bulan, rambut Gladys tak pernah dipotong. Dan hingga saat ini, Gladys tak merasa risih dengan rambut panjangnya tersebut.

"Dia enggak mau diikat-ikat rambutnya, maunya digerai," kata Arnie.

Untuk merawat rambut sang putri, Arnie rajin memberikan asupan nutrisi terbaik, seperti makanan sehat dan pemberian sampo serta pelembap untuk rambut seusianya.

Untuk memiliki rambut panjang sepertinya, Arnie berbagi tips singkat. Pertama, jangan sering terkena sinar matahari, perbanyak minum air, dan hanya potong rambut setahun sekali untuk merapikan ujungnya.

"Keramas minimal dua hari sekali, karena kalau sering keramas kelembapan rambut nanti hilang, jangan sekali-kali menggunakan hairdrayer. Harus sabar, itu kunci yang terpenting," tuturnya.