Lima Kunci Sukses Pebisnis Pemula

Ilustrasi berbisnis pemula.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Memulai bisnis memang sebuah hal yang sulit bagi seseorang yang baru memulainya. Halangan dan rintangan pasti datang  menghadang. Namun apa pun tantangannya, tergantung bagaimana kita menanggapinya untuk selalu bisa bertahan dan mengembangkan bisnis.

Berikut beberapa tips untuk bisa memulai bisnis dengan baik!

1. Tetap fokus

Kesalahan yang paling banyak di lakukan oleh wirausaha pemula ialah tidak fokus, kebanyakan pemula mengambil semua peluang bisnis yang tersedia sehingga lupa bisnis intinya. Sebagai pemula alangkah baiknya jika kamu tetap fokus terhadap satu usaha terlebih dahulu.

2. Mulai dari hal yang disukai

Jika kamu sulit menentukan untuk memulai jenis usaha atau bisnis yang akan dijalani, maka cara termudah ialah berbisnis dengan sesuatu yang paling kamu sukai. Mengapa demikian, karena sesuatu yang kamu sukai membuat kamu bersemangat dalam menjalankannya. 

Di saat terjadi masalah pun kamu dapat mengatasinya dengan mudah. Barulah setelah usaha yang kamu sukai menuai kesuksesan, kamu dapat mendirikan usaha lainnya. Yang penting jangan terburu-buru.

3. Terus belajar

Sebagai seorang wirausaha pemula, belajar dan terus belajar merupakan hal yang wajib di lakukan. Bahkan pengusaha yang telah berpengalaman sekali pun, tetap harus selalu belajar dan menganalisa kekurangan dan kelebihan usaha yang sedang dijalani.

Belajar dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis merupakan ciri khas wirausaha sukses. Kamu dapat belajar ilmu terbaru yang bersumber dari internet, teman bahkan kamu tak perlu malu belajar dengan wirausaha lain tentang hal baru meskipun wirausaha tersebut belum sepengalaman kamu.

4. Kuasai konsep bisnis kamu 100 persen

Menguasai konsep bisnis yang kamu jalankan wajib hukumnya. Selain itu kamu harus benar-benar memiliki wawasan luas pada bisnis yang kamu jalankan, terutama jika bisnis kamu membutuhkan investor atau kerja sama dengan pihak lain. 

Jika kamu menguasai 100 persen konsep bisnis kamu, dan memberikan penjelasan yang cukup jelas maka perusahaan lain atau investor beminat bekerja sama dengan kamu.

5. Hemat

Pengeluaran sekecil mungkin, dan pemasukkan sebesar mungkin. Itulah konsep dasar dari seorang pembisnis. Kamu harus benar-benar bisa mengoptimalkan antara pengeluaran dengan pemasukan. 

Namun, jika kamu menjalankan bisnis yang menghasilkan suatu produk, tetaplah menggunakan bahan baku yang berkualitas, jangan hanya melihat dari harga yang murah. Bahan baku yang baik itu yang murah, namun tidak mengorbankan kualitas.