Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 2 Februari 2017 | 06:00 WIB

Banyak yang Belum Tahu, Ini Cara Cermat Gunakan Kartu Kredit

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Foto :
Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit.

VIVA.co.id – Kartu kredit adalah jenis fasilitas yang ditawarkan oleh bank yang bertujuan untuk membantu proses transaksi pelanggan. Kartu kredit juga menawarkan kepraktisan pada penggunanya, sehingga mereka tidak perlu membawa uang tunai ke mana-mana. 

Kemudian, kartu kredit juga dapat dipakai di seluruh merchant, baik pedagang kecil maupun besar dan dapat dipakai hingga ke luar negeri.

Baca Juga

Tetapi, keuntungan tersebut juga datang dengan kerugian, bagi konsumen yang tidak dapat mengatur keuangannya, kartu kredit dapat menjadi neraka. 

Mereka akan telat, atau gagal membayar tagihan yang membuat mereka terlilit utang semakin banyak. Karena itu, Anda harus pintar dalam menggunakan kartu kredit, berikut adalah tips-tips dari Cermati,com dalam menggunakan kartu kredit.

Terpopuler

1. Gunakan hanya ketika pengeluaran tersebut juga dapat menguntungkan Anda

Pihak bank sering bekerja sama dengan merchant untuk memberikan promo menarik bagi konsumen, contohnya cicilan nol persen, cashback (pengembalian uang tunai), potongan harga atau poin reward. Salah satu cara pintar pemakaian kartu kredit adalah dengan memanfaatkan keuntungan ini.

Misalkan Anda ingin membeli produk dengan harga yang cukup tinggi, pilihlah merchant yang menawarkan cicilan nol persen, sehingga tidak perlu kesulitan mencari uang. Yang terpenting adalah janganlah tergiur untuk selalu memakai kartu kredit hanya karena promo yang ditawarkan. Taatlah pada rincian anggaran yang telah disusun setiap bulan.

2. Janganlah menggunakan terlalu banyak kartu kredit

Kebanyakan orang berpikir bahwa mempunyai kartu kredit dari beberapa bank dapat menguntungkan mereka. Mereka beranggapan bahwa mereka dapat menikmati promo berbeda untuk masing-masing kartu kredit. Padahal, nyatanya, memiliki terlalu banyak kartu kredit dapat menjadikan anda terlilit utang.

Bagaimana tidak? Mempunyai banyak kartu kredit, berarti meningkatkan keinginan untuk berbelanja. Limit yang tadinya sesuai dengan penghasilan Anda, sebut Rp5 juta, dengan tiga kartu kredit sekarang menjadi Rp15 juta. Peningkatan ini, jika tidak diiringi dengan perilaku konsumsi yang bijak hanya akan merugikan Anda. 

Idealnya, Anda cukup mempunyai tiga sampai lima kartu kredit, dan hentikanlah fasilitas kartu kredit melebihi batas maksimal tersebut.

3. Pilihlah kartu kredit dengan bunga yang paling rendah

Bank yang berbeda mempunyai kebijakan bunga yang berbeda, untuk menguntungkan anda, pilihlah bank yang menawarkan bunga paling rendah. Tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia adalah 2,95 persen dan bank umum lainnya akan mempunyai tingkat suku bunga sama, atau melebihi batas ini.

4. Membayar tagihan seluruhnya dan dengan tepat waktu

Hal ini sangatlah penting, karena ketelatan, atau kegagalan pembayaran dapat membuat Anda terlilit utang. Bunga pinjaman yang dikenakan bank biasanya cukup tinggi, beban penalti tersebut akan dikenakan pada tagihan bulan berikutnya.  ika masih juga tidak membayar, akumulasi dari total utang akan semakin bertambah, walaupun Anda tidak melakukan transaksi sama sekali.

Selalu tandai tagihan kartu kredit pada kalender Anda,  ujuh hari sebelum jatuh tempo dan pastikan bahwa anda membayar seluruh tagihan. Bank akan memperbolehkan Anda untuk membayar minimum, janganlah tergoda dan tetap membayar sepenuhnya. Jika telah terlilit utang kartu kredit, lunasilah dari tagihan satu persatu mulai dari tagihan yang paling sedikit.

5. Menyesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan bulanan

Banyak pengguna kartu kredit yang tergoda untuk melakukan aplikasi kartu kredit dengan limit melebihi kapasitas keuangan mereka dengan alasan, agar mereka dapat menikmati promonya. Padahal, hal ini justru akan membuat kondisi keuangan Anda tidak sehat.

Biasanya, jika pendapatan Anda Rp10 juta setiap bulan, limit kartu kredit yang sesuai adalah Rp5 juta. Anda dapat menghubungi pihak bank untuk mengurangi limit kartu kredit, agar tidak mudah tergiur untuk membelanjakannya.

Kebutuhan vs keinginan

Kunci dari penggunaan kartu kredit yang bijak adalah selalu menghitung untung rugi ketika berbelanja. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda membutuhkan barang ini? Dapatkan Anda mensubstitusi barang tersebut dengan barang yang harganya lebih murah? Pertanyaan-pertanyaan seperti berikut dapat membantu Anda untuk berhemat dan lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Tips Aman Berkendara di Dekat Truk Tangki BBM
TVONE NEWS - sekitar 1 jam lalu