Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 3 Februari 2017 | 06:00 WIB

Ini Untungnya Punya Kartu Kredit

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Foto :
  • Halomoney
Kartu Kredit

VIVA.co.id – Kartu kredit adalah suatu jenis fasilitas perbankan yang dikeluarkan, yang bertujuan untuk membantu para pelaku bisnis, baik konsumen maupun penjual. 

Kartu kredit mempunyai sistem, di mana Anda sebagai pengguna dapat membeli barang dengan menggunakan kartu kredit tersebut, dengan cara berutang pada bank, lalu kemudian membayar tagihan pada bank pada saat tanggal tagihan yang ditentukan pada awal perjanjian. 

Baca Juga

Kartu kredit menawarkan banyak sekali keuntungan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut menurut Cermati.com 

1. Mudah dibawa, praktis, dan diterima di mana-mana

Terpopuler

Tidak seperti uang tunai yang memakan tempat dan sulit dibawa, terutama jika nominalnya besar, kartu kredit hanyalah sebuah kartu yang dapat Anda gunakan untuk membayar transaksi sampai dengan maksimum limit kartu yang diberikan oleh bank. Kartu kredit juga berbeda dengan kartu debit, karena Anda tidak perlu menabung uang tersebut ke bank, atau mengunjungi ATM untuk menarik dana tersebut.

Kartu kredit yang beredar di Indonesia, biasanya berlogo VISA, atau Mastercard, dan kedua jenis kartu kredit ini diterima di seluruh Indonesia, bahkan di mancanegara. Kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali masyarakat yang ingin menggunakan kartu kredit. 

Anda pun dapat menggunakan kartu kredit untuk transaksi online, seperti pembelian tiket, barang-barang online, atau pembayaran online lainnya.

2. Cicilan nol persen, cashback, dan diskon

Salah satu alasan masyarakat gemar menggunakan kartu kredit adalah fasilitas potongan harga dan promo menarik yang ditawarkan berkat kerja sama bank dengan merchant tersebut. Salah satu yang dapat ditemui adalah cicilan nol persen. 

Ini berarti jika Anda membayar dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat mencicil tagihan tersebut setiap bulan dengan jangka waktu yang telah ditentukan dari awal perjanjian dan cicilan tersebut harganya sama dengan harga awal produk.

Selain cicilan nol persen, ada juga fasilitas cashback, yaitu pengembalian uang tunai, dan fasilitas diskon atau potongan harga. Kedua promo ini sebenarnya sama, perbedaannya hanya terdapat pada kapan potongan tersebut anda dapatkan. 

Untuk cashback, Anda akan mendapatkannya di akhir. Sedangkan pada diskon, Anda akan mendapatkannya pada awal transaksi.

3. Aman

Dahulu keamanan kartu kredit sering diragukan, terutama untuk transaksi dengan internet. Penerbit kartu kredit di Indonesia sekarang ini, telah mengeluarkan layanan 3D Secure (3 Domain Secure), yang mana dengan cara ini, keamanan kartu kredit akan lebih diperketat. 

Sistem ini memfokuskan keamanan pada tiga pihak, bank yang mengambil uang, bank penerbit kartu kredit, serta sistem yang memproses transaksi (payment gateway & merchant). Biasanya, Anda akan diminta nomor konfirmasi yang akan dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar.

Jika terjadi kasus pencurian, atau kehilangan kartu, Anda pun dapat dengan cepat mengadukan kasus tersebut kepada bank dan meminta pihak bank untuk memblokir kartu kredit Anda. Dengan cara ini, penggunaan kartu kredit akan lebih aman sehingga orang lain tidak dapat sembarangan memakainya.

4. Gratis asuransi

Banyak perbankan Indonesia yang memberikan layanan asuransi bagi para pelanggan kartu kredit mereka. Angsuran asuransi juga dibayar dengan menggunakan sistem otomatis yang akan muncul pada tagihan bulanan Anda.

5. Poin reward

Poin reward adalah bonus yang diberikan oleh bank, jika Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit. Poin reward akan berbeda dari satu bank dengan bank lainnya dan berbeda bonusnya untuk macam transaksi yang berbeda.

Biasanya poin reward ini dapat Anda gunakan untuk potongan harga, atau bahkan membayar transaksi seluruhnya, asalkan poin reward mencukupi.

Gunakan kartu kredit dengan cermat

Seluruh keuntungan ini dapat dinikmati, jika Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak. Pembayaran kartu kredit seluruhnya dengan tepat waktu juga diharuskan, agar Anda tidak terlilit utang. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kecelakaan di Proyek Underpass di Yogyakarta
TVONE NEWS - sekitar 1 jam lalu