Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:04 WIB

Tujuh Keinginan Ini Ternyata Rugikan Diri Sendiri

Team VIVA »
Dusep Malik
Foto :
Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit.

VIVA – Hampir semua dari kita pernah terjebak bujuk rayu si penjual. Hal ini terjadi di toko-toko, ketika kita lewat. Niat awalnya tidak ingin beli, tetapi karena si penjual berbicara bujukan maut, akhirnya kita membeli barang tersebut.

Tidak hanya itu, kita juga sering terjebak promo dan diskon yang ditawarkan outlet tertentu. Saat melihat diskon atau promo, jangan langsung mudah tergiur. Jika tak cermat, keuanganmu akan terkuras.

Baca Juga

Berikut ini, kesalahan paling sering dilakukan yang sekilas terlihat untung, tetapi malah bikin buntung, seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu 16 Desember 2017:

1. Membeli barang karena diskon besar-besaran

Siapa yang tidak tertarik sama namanya diskon? Siapa pun pasti tertarik, bahkan sangat sering membeli barang selama diskon berlangsung. Sadar atau tidak, pembelian barang yang semata-mata karena diskon besar-besaran membuat keuangan tidak sehat.

Kalau barang tersebut tidak dibutuhkan, lebih baik tidak membelinya daripada sama sekali tidak dipakai.

2. Membeli barang karena tertarik

Barang bagus, diskon pula, pastilah tertarik. Benar, tidak? Ketertarikan ini juga membuat keuangan tidak sehat. Bayangkan, kalau Anda tertarik pada lima produk sekaligus, jumlah pengeluaran pasti akan bertambah.

Sebelum membeli barang, pastikan dulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Kalau barang tersebut hanya untuk memenuhi keinginan, jangan dibeli. Lebih baik uangnya digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pembobolan Kartu Kredit, Polisi Tangkap 3 Tersangka
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler