Jokowi Senang PM China Bawa Banyak Pebisnis ke Indonesia

Presiden Joko Widodo dan PM China Li Keqiang di Istana Bogor
Sumber :
  • Mast Irham/Pool via REUTERS

VIVA – Presiden Joko Widodo, mengungkapkan kesenangannya menyambut kehadiran Perdana Menteri China, Li Keqiang, ke Indonesia.

PM Li dan rombongan, diterima di Istana Bogor, Senin 7 Mei 2018, setelah tiba di Tanah Air sehari sebelumnya.

Dalam pertemuan bilateral kedua negara, Jokowi mengatakan, sebuah kehormatan bisa menerima kunjungan PM Li, yang untuk pertama kalinya berkunjung ke luar negeri memilih Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan, kunjungan PM Li ini adalah yang pertama kali ke Indonesia setelah baru dilantik pada Mei 2018.

"Saya senang bahwa kunjungan PM Li ke Indonesia disertai dengan delegasi bisnis yang cukup besar. Bagi Indonesia, Tiongkok adalah mitra strategis terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan bidang investasi," jelas Jokowi.

Kunjungan ini juga semakin mempererat hubungan kedua negara yang sudah terjalin cukup lama.

"Dan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia akan memperkokoh hubungan kedua negara, hubungan yang saling menguntungkan," lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, sejumlah masalah sudah diselesaikan dalam pertemuan sebelumnya. Untuk itu, dalam pertemuan di Istana Bogor kali ini tidak berlangsung lama.

"Sebetulnya masalah-masalah tadi sudah kami selesaikan di meeting sebelumnya, jadi mungkin di sini lima menit cukup PM Li," kata Jokowi.

PM Li juga mengaku senang, bisa datang ke Indonesia. Apalagi, kunjungan perdananya disambut dengan cukup meriah.

"Terima kasih untuk Bapak Presiden Jokowi mengundang saya berkunjung ke Indonesia dan juga terima kasih pihak Indonesia memberikan penerimaan sangat baik," kata PM Li.