Wah, Ternyata Indonesia Ekspor Domba ke Malaysia

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.
Sumber :

VIVA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia mengekspor domba ke Malaysia. Untuk tahun ini Indonesia mengekspor 60 ribu domba ke Negeri Jiran itu.

"Terbaru, ekspor domba itu dari Jawa Timur. Untuk pertama dalam sejarah, kita mengekspor ke Malaysia 60 ribu ekor. Ini sejarah baru," kata Amran saat di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa malam  17 Juli 2018.

Sejarah lainnya dari sektor pertanian menurut Amran adalah ekspor segala bidang pertanian naik sebanyak 24 persen. Amran pun mengklaim Indonesia saat ini telah mencapai swasembada protein.

"Banyak sejarah baru dari sektor pertanian dicetak. Ekspor naik 24 persen, sekarang swasembada protein, jangan cerita daging protein bisa dari ayam, telur, domba, sapi. Bukti kita sudah swasembada, ekspor telur, ekspor ayam, ekspor domba, artinya sudah swasembada,” kata Amran.

Selain itu, Amran mengatakan untuk pertama kali dalam sejarah pemerintah Indonesia mampu mengentas angka kemiskinan hingga satu digit. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan per Maret 2018 yang sebesar 9,8 persen menjadi paling rendah sepanjang sejarah.

"Pertama dalam sejarah, kemiskinan di Indonesia satu digit. Selama Indonesia merdeka, inilah pemerintahan Jokowi-JK. Ini yang harus kita banggakan dan apresiasi. Dan sektor pertanian mengambil bagian, khususnya sapi," ujar Amran.

Amran mengatakan populasi sapi pada tahun 2013 kurang lebih 13 juta ekor. Namun pada tahun ini populasi sapi mencapai 16,8 juta ekor. Sesuai BPS ada peningkatan 3 hingga 4 juta ekor sapi pada tahun 2018.

"Dulu peningkatan sapi hanya 180 ribu ekor. Artinya, ada 500 hingga 700 persen peningkatan populasi sapi. Ini akan kita lanjutkan," kata Amran.