Kejar Panen Tiga Kali di NTB, Jokowi dan TGB Resmikan Bendungan Tanju

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tanju di Nusa Tenggara Barat.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Istana

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tanju di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Peresmian dilakukan bersama Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

"Dengan bendungan ini kita harapkan (harga) komoditas pertanian di Dompu bisa naik cepat," ujar Jokowi di lokasi, dikutip dari keterangan Biro Pers Istana, Senin, 30 Juli 2018.

Menurut Jokowi, pembangunan yang dibiayai APBN sebesar Rp124 miliar itu dilakukan guna mendukung NTB menjadi salah satu sentra pertanian nasional.

Bendungan Tanju mampu menampung kurang lebih 18 juta meter kubik air dan diharapkan melayani kebutuhan irigasi hingga 2.250 hektare sawah, dan menjadi sumber air baku dengan kapasitas 50 liter per detik.

"Kunci pembangunan di NTB itu satu, ada air. Kalau tidak ada air, misalnya di Dompu ini, mau ditanam apa?" ujar Jokowi.
 
Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI ini menyampaikan bahwa pemerintah pusat akan membangun lagi empat bendungan di NTB. Keberadaan bendungan akan membuat jumlah infrastruktur perairan itu menjadi sembilan di NTB dengan total daya tampung 345,57 juta meter juta kubik.

Panen Meningkat

Jokowi menargetkan jumlah panen tahunan di NTB meningkat dengan adanya bendungan-bendungan baru itu, termasuk Bendungan Tanju.

"Tadi saya tanya Pak Bupati, biasanya panen sekali. Diharapkan dengan adanya bendungan ini panen menjadi tiga kali," ujar Jokowi.

Selain TGB, hadir juga di peresmian, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Bupati Dompu Bambang Yasin, dan Bupati Bima Indah Damayanti Putri. (ren)