Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 21 Agustus 2018 | 06:07 WIB

Mau Tutup Kartu Kredit, Pahami Lima Hal Ini Terlebih Dahulu

Team VIVA »
Dusep Malik
Foto :
  • HaloMoney
Menutup kartu kredit

VIVA – Punya banyak kartu kredit memang menguntungkan, tapi terkadang juga bikin pusing bila sampai telat bayar cuma gara-gara lupa tanggal jatuh temponya dan harus menanggung berbagai macam denda.

Tak hanya soal denda, tapi banyak biaya-biaya tidak jelas yang mesti dibayarkan. Hal inilah yang kadang menjadi alasan berhenti menggunakan kartu kredit dan ingin cepat-cepat menutupnya.

Baca Juga

Namun menutup kartu kredit tak sesederhana yang dibayangkan. Lalu, apa yang harus Anda perhatikan sebelum menutupnya? Berikut lima hal yang perlu diketahui seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 21 Agustus 2018:

1. Beban iuran tahunan

Terpopuler

Kartu kredit bukan “kartu ajaib” yang memberikan kemudahan secara percuma. Di balik itu semua ada biaya-biaya yang akan dibebankan pada tagihan. Salah satunya yaitu iuran wajib tahunan, yang dibayarkan satu tahun sekali. Tapi, untuk pengguna baru biasanya bebas iuran selama jangka waktu tertentu.

Coba periksa kembali sampai kapan Anda bebas dari iuran tersebut. Jika masih panjang dan banyak promo yang ditawarkan, tak ada salahnya menunda keinginan untuk menutupnya.

Berbeda jika ada banyak biaya “siluman” yang masuk ke tagihan, sedangkan penggunaannya pun tidak banyak. Maka menutupnya merupakan pilihan yang sangat tepat.

2. Berapa lama anda sudah memilikinya

Sebelum mengatakan selamat tinggal pada kartu kredit, ingat-ingat lagi sudah berapa lama kartu tersebut ada di dompet. Selama itu pula tentu sudah banyak benefit yang diterima, maka pikirkan kembali keinginan untuk menutupnya.

Bukan berarti mendukung gaya hidup konsumtif, tetapi jika tagihannya selalu bisa terbayar tepat waktu, sudah pasti riwayat utang pun bagus. Sehingga bisa meningkatkan level Anda sebagai kreditur yang bisa dipercaya.

3. Baru saja menutup kartu kredit lain

Menutup kartu kredit sekaligus dalam waktu yang bersamaan bukanlah ide yang bagus, karena dapat memicu kecurigaan terhadap kondisi keuangan. Jika dipaksakan bisa jadi di kemudian hari akan lebih sulit untuk mendapatkannya.

Ada baiknya jika punya keinginan menutup kartu kredit, lakukan satu per satu dan pilih mana yang kurang memberikan manfaat.

4. Punya banyak rewards? Tukarkan dulu

Salah satu benefit yang sering diperoleh dari kartu kredit ialah rewards, mulai dari diskon, buy 1 get 1 free hingga cashback bisa Anda dapatkan. Coba lihat kembali berapa banyak rewards yang telah dikumpulkan.

Dan sebelum berencana untuk menutupnya ada baiknya untuk menukarkan poin rewards yang Anda miliki jangan sampai hangus. Tentu sayang jika dibiarkan hangus ketika kartu kredit tiba-tiba ditutup.

5. Lunasi seluruh tagihan

Ketika sudah punya niat sungguh-sungguh untuk menutup kartu kredit, maka hal terpenting yang tak boleh dilewatkan ialah mengetahui seluruh total tagihan yang dimiliki. Supaya lebih mudah dalam memperhitungkan jumlah pelunasan yang dibutuhkan. Jangan sampai ingin menutup kartu kredit tapi tak mau melunasinya, maka siap-siap saja selalu kedatangan tamu tak diundang ke rumah dan kantor. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Trotoar Jakarta Yang Bukan Lagi Untuk Pedestrian
BERITA - 2 jam lalu