Biaya Semakin Murah, Pengusaha Truk Dukung Integrasi Tol JORR

Kepadatan Tol JORR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mendukung penerapan integrasi transaksi tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang akan diberlakukan pada 29 September mendatang.

Direktur Eksekutif Aptrindo, Johannes Samsi Purba mengatakan, kebijakan integrasi transaksi ini akan meringankan beban biaya transportasi logistik.

Cost dari logistik kita sangat terbantu karena banyak diturunkan. Karena itu, kami sangat mendukung kebijakan Integrasi Tol ini," ujarnya dalam Diskusi di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu 26 September 2018.

Para pengusaha truk, disebutnya sudah lama menanti kebijakan yang awalnya akan diberlakukan pada bulan Juni lalu. Diskusi pun dikatakannya sudah acapkali dilakukan.

Ia pun yakin volume kendaraan di jalan tol akan semakin menurun dengan kebijakan ini sehingga waktu tempuh akan semakin cepat.

“Akhirnya, biaya maintenance kita pun semakin menurun,” jelas Johannes.

Ia juga berharap, jalan tol JORR ini menjadi salah satu jalur primer penunjang angkutan logistik. Dengan penyesuaian ini, diyakininya kondisi kepadatan kendaraan di jalan tol seperti di wilayah TMII dan Cawang akan berubah dengan kebijakan ini.

"Saya yakin dengan penyesuaian ini di seluruh ruas tol akan terjadi kondisi yang berubah." (mus)