Menhub Beri Gelar Pahlawan Dirgantara pada Agung Petugas ATC Palu

Jenazah Anthonius Gunawan Agung, personel Tower ATC AirNav Indonesia cabang Palu
Sumber :
  • M Yasir

VIVA – Petugas  Air Traffic Controler Airnav Indonesia, Anthonius Gunawan Agung yang gugur saat bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. mendapatkan penghargaan Adikarya Dirgantara Pralabda dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya sangat berduka atas gugurnya Agung, saat bertugas memandu pesawat Batik Air ID 6231, yang terbang dari Bandara Mutiara Sis Al-Jufie menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Saya ucapkan terima kasih (pada Agung) atas upaya melakukan penyelamatan pada penerbangan pesawat Batik Air," ucap Budi di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Kamis 4 Oktober 2018.

Budi juga menyatakan, Agung sebagai pahlawan Dirgantara Indonesia. Ia juga sudah meminta kepada pihak Kementerian Sosial untuk memindahkan jasad Agung ke Taman Makam Pahlawan yang berada di Makassar.

"Agung adalah salah satu pahlawan Dirgantara Indonesia, pahlawan Aviasi Indonesia. Maka dari itu, saya sudah mendapatkan izin memindahkan Agung, untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Makassar," ujarnya.
 
Budi juga mengatakan, sosok Agung harus menjadi inspirasi bagi seluruh anak bangsa, untuk tekun dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang sedang diembannya.

"Satu sosok pahlawan adik kita, akan menjadi momen untuk membuat kita merenung, apakah kita sudah menjalani tugas dengan baik. Saya yakin, apa yang dilakukan Agung akan menjadi contoh bagi anak bangsa Indonesia," tutur Budi.