Ingin Mulai Investasi? Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu

Ilustrasi investasi.
Sumber :

VIVA – Topik bahasan seputar investasi belakangan ini memang cukup mencuat, terutama pilihan berinvestasi dikalangan kaum muda. Dulu, banyak orang berpikir harus punya uang yang banyak dahulu untuk bisa berinvestasi. Namun, saat ini pernyataan tersebut tampaknya tidak terlalu benar. 

Harus diakui, kaum muda saat ini sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Meskipun memang definisi “investasi” bagi generasi millenial bisa sangat beragam maksdunya. Bagi mereka, investasi bisa dalam bentuk materi seperti uang atau properti ataupun investasi dalam bentuk kepuasan diri, seperti berlibur atau traveling

Pilihan berinvestasi tadi tentu sah-sah saja. Tergantung pilihan mana yang paling Anda butuhkan. Namun, jika Anda berencana untuk memilih berinvestasi seperti pilihan pertama ada baiknya Anda memulainya dengan mempertimbangkan 3 hal berikut ini. 

Mengenal jenis produk investasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, Anda perlu tahu jenis-jenis investasi ataupun produk investasi yang ada dipasaran. Ada begitu banyak pilihan produk investasi yang bisa Anda pilih. Yang terpenting, pahami produk yang cocok dengan kebutuhan Anda di masa depan. Rencana apa yang Anda miliki dan bagaimana produk investasi tersebut dapat membantu mewujudkan rencana Anda di masa depan. 

Cari tahu manfaat dan resikonya

Setiap produk investasi tentunya memiliki manfaat juga resiko. Biasanya, produk yang memiliki manfaat tinggi, resikonya pun tinggi. Sebaliknya. Namun, tidak selalu seperti itu. Anda bisa mencari tahu informasi yang lebih pasti dari seorang financial advisor atau lembaga financial consultant ataupun menghadiri acara seminar atau talkshow seputar investasi. 

Cari waktu yang tepat untuk memulai

Jika sudah mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan dari dua poin tadi, yang terakhir adalah menentukan kapan Anda siap untuk mulai berinvestasi. Tidak perlu terburu-buru untuk menentukan waktunya. Pertimbangkan jika Anda masih memiliki kewajiban finansial yang lain. Apakah dengan berinvestasi dalam waktu dekat, tidak menganggu kewajiban finansial Anda yang sudah berjalan saat ini. Jika masih ragu-ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang mampu membantu Anda, seperti seorang financial advisor tadi. 

Itu tadi 3 hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi. Untuk mendapatkan insight menarik dan hal penting lainnya seputar pilihan berinvestasi, Anda bisa menyaksikan live streaming VIVA TALK “Investasi Jaman Now”, Kamis, 18 Oktober pukul 14.00 WIB. Tonton live streamingnya di sini

Acara ini juga didukung oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Danareksa, Bank Tabungan Negara (BTN), dan Askrindo Insurance.