Empat Prinsip Ini Buat Bos Amazon Jadi Orang Kaya di Dunia

Jeff Bezos
Sumber :
  • Alterclickr.com

VIVA – Siapa yang tak kenal Jeff Bezos, chief executive officer (CEO) Amazon, yang juga merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Dia adalah sosok pengusaha e-commerce sukses yang jeli melihat peluang.

Kesuksesan yang kini ia raih bukanlah hasil dari kerja semalam. Berbagai aral melintang telah dilalui Jeff untuk membesarkan Amazon hingga seperti sekarang ini.

Jauh sebelum banyak orang melirik e-commerce, ia sudah terlebih dahulu memulainya. Walau dahulu banyak diragukan, namun ia tetap jalan terus hingga kini menikmati hasil dari apa yang telah diperjuangkan beberapa tahun silam. Anda tentunya bisa belajar dari kisah suksesnya.

Lalu, apa saja rahasia sukses Jeff Bezos ini? Seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu 20 Oktober 2018, berikut empat hal yang mencolok dan menjadi rahasia sukses dari bos Amazon yang bisa Anda tiru.

1. Berprinsip bahwa pelanggan adalah raja

Jeff Bezos dalam menjalankan bisnis sekelas Amazon sangat berpegang pada kepuasan pelanggannya. Dia memegang prinsip bahwa bisnis bisa terus berjalan karena pelanggan.

Oleh karena itu, apapun langkah yang diambil perusahaan haruslah mampu memenuhi keinginan pelanggan. Jeff begitu sadar bahwa pelanggan adalah raja, terbukti selama ini Amazon selalu menambahkan fitur yang bisa memuaskan dan menyenangkan pelanggannya.

Contohnya seperti fitur book review yang memungkinkan pelanggan untuk mengutarakan pemikiran dan pendapatnya atas buku yang dijual di Amazon.

2. Teruslah bereksperimen dan belajar dari kegagalan

Dalam menjalankan Amazon, Jeff sangat percaya bahwa eksperimen dan kegagalan menuntun menuju kesuksesan. Ia dikenal sebagai seorang entrepreneur yang selalu berinovasi dalam menjalankan perusahaannya.

Jeff juga terus bereksperimen dan selalu mengembangkan produk serta jasa untuk para pelanggan. Terbukti, terhitung sejak didirikan, Amazon telah berkembang pesat dari segi produk yang ditawarkan.

3. Selalu berpikir jauh ke depan

Jeff dalam mengambil tindakan dan keputusan selalu berpikir panjang dan jauh ke depan. Berpikir untuk jangka waktu panjang akan membantu perusahaan bertahan di pasar dalam waktu yang lama.

Berpikir untuk jangka pendek hanya akan membebankan, seperti menginginkan keuntungan yang instan, tekanan dari pemegang saham, dan lainnya yang terus akan memuncak.

Sementara itu, berpikir panjang akan memberikan keuntungan kompetitif yang besar bagi brand dan membantunya untuk melayani konsumen dengan lebih baik.

4. Jadilah keras kepala dan fleksibel di waktu yang bersamaan

We are stubborn on vision. We are flexible on details.” Demikianlah prinsip yang dipegang oleh Jeff. Dalam menjalankan perusahaannya, ia menjadi seorang yang keras kepala sekaligus fleksibel.

Menurutnya, sangat penting menjadi keras kepala untuk hal-hal yang terkait dengan visi dan tujuan sejak awal. Namun, sangat penting juga menjadi fleksibel agar mampu menyesuaikan diri dengan teknologi serta mengikuti tren yang ada guna memuaskan pelanggan.