Cegah Salah Kaprah, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan saat Baca Polis

Ilustrasi perlindungan diri.
Sumber :

VIVA – Punya asuransi bukan hanya soal punya dan bayar saja. Justru, hal terpenting dari memiliki asuransi adalah Anda memahami apa saja manfaat dari asuransi dan di saat kapan Anda menerima manfaat tersebut. Faktanya, masih banyak dari kita yang tidak terlalu paham tentang manfaat dan bagaimana mengklaim asuransi tersebut di saat kita membutuhkannya. Serta hal-hal apa saja yang menyebabkan asuransi tersebut dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya sesuai dengan polis yang berlaku.

Berikut adalah 6 hal yang harus Anda pahami dan perhatikan saat membaca polis. Hal ini bermanfaat untuk mencegah Anda salah kaprah terhadap manfaat yang diberikan oleh layanan asuransi.

1. Cari dan lihat lembar pernyataan pada lembar polis asuransi

Bagian terpenting yang harus diperhatikan saat Anda menerima polis asuransi adalah ikhtisar atau lembar pernyataan yang terdiri dari 3 - 5 lembar atau lebih, yang berisikan antara lain: Nama tertanggung, Nama pemegang polis, Nama penerima manfaat dan besaran persentase pembagiannya, Alamat tertanggung, Uang pertanggungan, Lingkup jaminan, Fasilitas tambahan dalam bentuk rider, clause, dan warranty, Periode asuransi, Potongan biaya yang dikenakan (untuk asuransi dengan investasi), Nilai premi yang harus dibayar, Tanggal terbit polis, dan Tanda tangan penanggung.

Data yang terdapat dalam ikhtisar polis diambil dari surat permohonan asuransi yang Anda isi. Saat menerima polis asuransi tersebut periksa dengan teliti apakah ikhtisar polis sudah ditulis sesuai dengan data yang kita berikan dan penawaran yang kita terima.

2. Baca definisi polis asuransi

Kebanyakan polis memiliki halaman glosari berisi definisi istilah-istilah asuransi yang muncul di dalam polis. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengerti fungsi dan istilah yang terkesan kompleks atau susah dimengerti. Jika merasa kurang jelas, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan yang dimiliki perusahaan penyedia asuransi.

3. Perhatikan konteks pengecualian dalam polis

Disetiap polis terdapat daftar berisi hal-hal yang tidak termasuk dalam rencana perlindungan Anda. Inilah yang disebut dengan pengecualian. Misalnya, peristiwa kecelakaan akibat sesuatu yang di luar tanggungan, seperti olahraga ekstrem, bunuh diri, atau jika Anda melukai diri sendiri atau melanggar hukum. Terlepas dari hal itu, kini beberapa perusahaan asuransi secara kompetitif berusaha meminimalisirkan konteks pengecualian.

4. Masa tenggang polis

Seperti yang sudah dijelaskan di awal oleh pegawai asuransi saat Anda mengisi data, jika pada bagian ikhtisar terdapat ketidaksesuaian data atau penawaran, maka Anda memiliki waktu (antara 7-14 hari terhitung sejak tanggal polis terbit) sebagai hak mempelajari polis atau disebut juga cooling-off periode. Jika perubahan atau pembatalan polis asuransi dilakukan setelah cooling-off period berakhir, Anda harus menerima konsekuensi yang sudah tertulis pada klausa dalam polis asuransi, seperti pengenaan biaya pembatalan. Jadi pastikan Anda menerima polis dalam tenggang waktu ini.

5. Cek Kembali Ketentuan Polis Asuransi

Coba perhatikan ketentuan polis Anda, termasuk persyaratan atas perlindungan terhadap pihak Tertanggung, yaitu Anda. Apakah kondisi Anda saat ini sesuai dengan aturan polis asuransi yang dibeli? Bagaimana dengan kelengkapan rincian data pribadi Anda? Apakah semua data dijawab dengan jujur dan dapat dipertanggungjawabkan? Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kita sedang hidup dalam kondisi kesehatan tertentu sesuai dengan yang telah dijelaskan di dalam polis.

6. Polis Asuransi Bersifat Final dan Mengikat

Karena sifatnya yang final dan mengikat, pastikan perlindungan dalam polis sesuai dengan kebutuhan Anda, bahkan sebenarnya Andpa pun dapat ‘mendesainnya’. Anda juga bisa meminta copy polis asuransi untuk dipelajari. Tidak perlu segan meminta penjelasan dari pihak asuransi mengenai setiap poin dalam polis asuransi.

Tentu, kerumitan di awal proses ini bukanlah halangan untuk memiliki asuransi. Justru hal ini akan menghindari kekeliruan dalam memahami manfaat asuransi yang Anda pilih. Begitu pun dengan asuransi Astra, HappyOne.id.

Dengan komitmen untuk terus melayani dan membantu Anda melalui layanan dan proses yang prima, HappyOne.id memberikan kemudahan serta kenyamanan untuk Anda melalui teknologi digital, yang bisa Anda akses kapanupun dimanapun. Serta keunggulan perlindungan All in One yang sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Untuk mendaftar online dan mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengaksesnya di www.HappyOne.id