Transaksi Reksa Dana Kini Bisa di Minimarket

Investasi reksa dana
Sumber :
  • Manulife Aset Manajemen Indonesia

VIVA – Bertransaksi di instrumen investasi kini semakin mudah. Masyarakat punya pilihan untuk melakukan pembayaran saat membeli produk pasar modal.

Satu di antaranya adalah reksa dana. Masyarakat atau investor dapat melakukan transaksi pembayaran pembelian unit penyertaan reksa dana di minimarket.   

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret), mulai 27 Oktober 2018, memberikan kemudahan dalam bertransaksi reksa dana. 

"Investor dapat melakukan transaksi pembayaran pembelian unit penyertaan reksa dana Manulife di seluruh gerai Indomaret di seluruh wilayah Indonesia," kata Presiden Direktur Manulife Aset Manajemen Indonesia, Legowo Kusumonegoro, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Senin 3 Desember 2018.

Menurut Legowo, di setiap gerai Indomaret yang ada di Indonesia, transaksi pembayaran pembelian reksa dana dapat dilakukan dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, dan e-money. Dengan terobosan baru ini, Manulife berharap semakin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan reksa dana untuk memenuhi kebutuhan investasi yang berkualitas dan terjangkau. 

Dia menjelaskan, cukup dengan dana Rp10 ribu, masyarakat dapat mulai berinvestasi di reksa dana, dan melakukan transaksi pembayarannya di Indomaret yang dekat dengan rumah dan aktivitasnya sehari-hari. Hadirnya Indomaret sebagai tempat penyelesaian transaksi pembayaran investasi reksa dana, diklaim akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi di reksa dana konvensional maupun reksa dana syariah.

"Investor yang ingin memulai investasi di reksa dana dapat melakukan pendaftaran menjadi investor di www.klikMAMI.com, melakukan transaksi pembelian dan memilih Indomaret sebagai metode pembayaran," tuturnya.

Proses pembukaan rekening reksa dana melalui klikMAMI, Legowo melanjutkan, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit, dan dapat dilakukan secara fully online dari mana pun dan kapan pun. Transaksi harus diselesaikan oleh calon investor di gerai Indomaret dengan memasukkan kode pembayaran yang didapat setelah investor melakukan transaksi pembelian di www.klikMAMI.com. 

Proses ini dirancang mirip dengan proses berbelanja di online shop.  Pembayaran di Indomaret dapat digunakan untuk pembelian reksa dana Manulife pertama kali, maupun pembelian-pembelian berikutnya (top up)

Di Indomaret, investor bisa melakukan transaksi pembayaran unit penyertaan reksa dana Manulife dalam mata uang rupiah hingga batas maksimum Rp5 juta. Sementara itu, pembayaran transaksi reksa dana Manulife dalam denominasi dolar AS tidak bisa ditransaksikan melalui Indomaret.