Jokowi Sebut Jonan dan M Nasir Cocok Jadi Menkeu

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo mengakui tidak mengetahui secara detail latar belakang profesi para menteri yang dipimpinnya saat ini. Misalnya Menristek Dikti M Nasir dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Jokowi mengaku baru tahu, kalau kedua menteri itu sebelumnya adalah seorang akuntan. Dengan fakta itu, Jokowi pun berseloroh bahwa dia salah memberikan jabatan pada keduanya. 

"Saya juga kaget, ternyata Meristek Dikti akuntan, Menteri ESDM juga akuntan. Tahu gitu saya taruh di Menteri Keuangan," kata Presiden Jokowi, disambut tawa saat membuka Kongres XIII Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Tahun 2018, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

Seperti diketahui, M Nasir menjadi menteri melalui jalur Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun dari kesehariannya, Nasir ternyata memiliki sertifikasi akuntan profesional Certificate Accountant (CA). 

Ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip Semarang, serta ketua Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi di universitas yang sama. Bahkan, dia merupakan guru besar di bidang Behavioral Accounting dan Management Accounting, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip. 

Sementara itu Jonan, yang sempat menjadi menteri perhubungan di Kabinet Kerja, juga memiliki latar belakang pendidikan akuntan. Ia merupakan lulusan S-1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. 

Jonan pun diketahui juga menempuh pendidikan di Fletcher School, Universitas Tufts, Amerika Serikat. (umi)