Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 15 Desember 2018 | 06:06 WIB

Trik Ini Bisa Bikin Untung Punya Kartu Kredit

Team VIVA »
Dusep Malik
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi kartu kredit.

VIVA – Menggunakan kartu kredit telah menjadi kebutuhan banyak orang, barangkali Anda salah satunya. Alat pembayaran yang satu ini memang telah populer sejak lama dan semakin banyak saja peminatnya.

Selain kemudahan bertransaksi, berbagai program yang ditawarkan kartu kredit tentu menjadi daya tarik lainnya. Hingga saat ini, hampir semua bank mengeluarkan produk ini dengan berbagai keunggulan, lengkap dengan berbagai jenis kartu yang berbeda.

Baca Juga

Sebagai pengguna, jelas Anda akan diuntungkan dengan kehadiran kartu kredit yang lebih beragam. Tidak selalu menimbulkan masalah di dalam keuangan, jika digunakan dengan bijak, kartu kredit juga bisa memberikan manfaat dan keuntungan.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan kartu kredit. Anda bahkan bisa menghemat banyak uang dengan menggunakan fasilitas yang satu ini. Bagaimana caranya?

Terpopuler

Seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu 15 Desember 2018, berikut trik yang bisa dilakukan dan membuat Anda merasa untung telah memiliki kartu kredit.

1. Kartu kredit yang Anda butuhkan apa? Pilih yang sesuai

Sudah bukan rahasia lagi jika hampir semua bank di Indonesia menerbitkan produk kartu kredit di dalam layanan mereka. Bukan hanya satu atau dua jenis kartu saja, tapi puluhan kartu kredit yang bisa dipilih.

Masing-masing jenis kartu kredit itu punya benefit yang berbeda-beda. Namun Anda akan mendapat manfaat maksimal jika memilih produk yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Misal, jika Anda termasuk orang suka bepergian dengan pesawat, maka memilih kartu kredit dengan fasilitas poin miles adalah pilihan tepat. Jadi, pastikan Anda hanya memilih dan menggunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas penggunaannya.

2. Pilih kartu kredit yang bebas iuran tahunan

Kehadiran berbagai macam kartu kredit tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, sebab hampir semua bank memberikan berbagai penawaran menarik, termasuk gratis iuran tahunan untuk tahun pertama.

Selain itu, beberapa bank juga memungkinkan nasabah pengguna kartu kreditnya untuk mengumpulkan sejumlah poin rewards yang bisa ditukarkan dengan iuran tahunan gratis.

Tak ada salahnya memilih kartu kredit ini agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar iuran tahunan.

3. Manfaatkan program kartu kredit secara maksimal

Ada banyak program yang ditawarkan oleh kartu kredit, seperti diskon, promo toko/produk tertentu, hingga cash back pembelanjaan. Anda bisa menyesuaikan promo tersebut dengan barang atau jasa yang dibutuhkan.

Pastikan Anda memanfaatkan berbagai penawaran menarik yang diberikan kartu kredit, agar Anda bisa menghemat lebih banyak uang belanja setiap bulannya.

4. Kumpulkan dan gunakan poin ‘rewards’ untuk belanja kebutuhan

Sebagian besar kartu kredit memiliki program poin rewards. Anda bisa mengumpulkan sejumlah poin dari pembelanjaan yang mereka lakukan dalam jumlah tertentu. 

Anda bisa mengumpulkan poin rewards ini dan menukarnya dengan berbagai hadiah menarik, seperti produk pilihan tertentu, voucher belanja, atau bahkan tiket pesawat.

Selalu cermati poin rewards yang Anda kumpulkan dan juga masa berlakunya, sehingga bisa Anda gunakan dengan sebaik mungkin. Sebab pada umumnya poin-poin rewards ini memiliki masa kedaluwarsa.

5. Jika tak kepepet, hindari tarik tunai pakai kartu kredit

Meski kartu kredit Anda menyediakan fasilitas tarik tunai, pastikan Anda selalu menghindari aktivitas yang satu ini jika tidak benar-benar terdesak. Sebab tarik tunai akan membebani Anda dengan sejumlah bunga yang lebih besar dibanding bunga transaksi belanja, di mana bunga ini sudah akan diterapkan sejak Anda melakukan penarikan tunai di mesin ATM.

Selain itu, aktivitas ini juga akan membebani Anda sejumlah biaya yang cukup besar, dan nilainya tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Pastikan Anda selalu menghindari transaksi tarik tunai ini jika tidak kepepet.

6. Manfaatkan cicilan nol persen

Jika memang Anda ingin belanja produk atau jasa menggunakan kartu kredit dengan cara mencicil, manfaatkan ketika ada program cicilan nol persen. Dengan begitu, Anda hanya akan mengangsur cicilan pokok sejumlah harga barang tersebut tanpa ada biaya bunga.

7. Kalau bisa lunasi tagihan, jangan bayar di bawah batas minimum

Kartu kredit akan menguntungkan jika Anda gunakan sebagai fasilitas pembayaran, di mana Anda membayar tagihan tepat waktu dan tidak dikenai sejumlah biaya (denda atau bunga).

Pastikan Anda tidak membayar tagihan di batas bawah minimum pembayaran, dan kalau bisa langsung lunasi saja. Sebab hal tersebut akan menimbulkan beban bunga dan juga biaya lainnya di dalam tagihan bulan berikutnya. (art)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pasca Gempa Ambon, 17 Bayi Lahir di Pengungsian
TVONE NEWS - 2 jam lalu