Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 27 Desember 2018 | 21:57 WIB

Warga Australia Rugi Jutaan Dolar Akibat Transaksi dengan Kartu

Foto :
  • abc
Ilustrasi pembayaran dengan kartu

Musim Natal dan akhir tahun adalah periode ketika warga Australia merasa perlu untuk berbelanja gila-gilaan.

Di saat banyak warga pergi ke toko untuk mencari barang murah, yang tidak dipikirkan adalah biaya tambahan yang mungkin dikeluarkan dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit di kasir.

Baca Juga

Menurut data ilustratif berdasarkan penelitian Bank Sentral Australia, warga Australia diperkirakan kehilangan beberapa ratus juta dolar per tahun untuk biaya tambahan.

Beberapa pengecer besar seperti department store David Jones dan Myer di Australia tidak membebankan biaya tambahan kepada pelanggan mereka, tetapi jika Anda ingin membeli televisi baru di toko JB Hi-Fi, Anda mungkin didorong untuk membayar dengan sesuatu selain kartu American Express untuk menghindari biaya tambahan, seperti uang tunai atau kartu debit.

Biaya tambahan Biaya rata-rata transaksi di gerai:

• Debit Eftpos: 0,25 persen

• Debit Visa dan Mastercard: 0,55 persen

• Kredit Visa dan Mastercard: 0,8 persen

• American Express 1,41 persen

• Klub Diners 1,79 persen

Sumber: RBA

Jika Anda mencari penawaran pasca Natal di supermarket, Anda akan menemukan bahwa Coles dan Woolworths di Australia tidak akan menambahkan biaya tambahan untuk tagihan belanja Anda, tetapi supermarket Aldi melakukannya jika Anda membayar dengan kartu kredit.

Di tengah era berbelanja dengan metode pembayaran yang mudah dan nyaman, banyak warga Australia sudah tak mau untuk pergi ke ATM dan menarik sejumlah besar uang tunai sebelum pergi berbelanja.

Psikolog konsumen, Adam Ferrier, mengatakan jika orang berbelanja ke toko dengan uang tunai, mereka cenderung tidak menghabiskan uang daripada jika mereka menggunakan kartu.

"Otak kita terhubung untuk berpikir sesedikit mungkin tentang sejumlah hal. Jika ada sesuatu yang lebih mudah untuk diikuti, kita akan mengikutinya," jelasnya.

"Jika anda harus memakai uang tunai, hal itu bisa membatalkan niatan orang untuk membeli. Di tengah sistem pembayaran praktis dengan kartu, waktu bagi orang untuk mempertimbangkan kembali pembelian begitu berkurang, sehingga mereka lebih cenderung menghabiskan lebih banyak. "

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Pembobolan Kartu Kredit, Polisi Tangkap 3 Tersangka
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler