Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 25 Januari 2019 | 09:00 WIB

Daripada Nyesel, Tanyakan Hal Ini Dulu Sebelum Apply Kartu Kredit

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi kartu kredit.

VIVA – Tak dapat dimungkiri, daya konsumsi masyarakat akan kartu kredit semakin lama makin meningkat. Selain dinilai praktis dan memudahkan transaksi, kartu kredit juga banyak memberikan keuntungan saat berbelanja. 

Tak usah jauh-jauh, mungkin Anda sendiri tertarik untuk mengajukan kartu sakti ini. Namun ada hal yang perlu diperhatikan. Walaupun memiliki banyak manfaat, transaksi kartu kredit juga bisa merugikan bagi orang yang tidak disiplin.

Baca Juga

Apalagi jika tidak bisa menggunakannya dengan bijak bahkan mengabaikan membayar tagihan tiap bulannya. Lalu, apa yang harus diperhatikan sebelum memilih punya kartu kredit?

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan justru membuat keuangan berantakan, tanyakan terlebih dahulu sebelum mengajukan kartu kredit hal-hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

Terpopuler

1. Bagaimana toleransi keterlambatan?

Pada dasarnya, membayar tagihan tepat waktu adalah kewajiban semua pemegang kartu kredit. Namun, tidak selamanya kehidupan finansial nasabah itu akan baik-baik saja.

Terdapat banyak kondisi yang menyebabkan seseorang harus menunda pembayaran kartu kreditnya. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu batas toleransi keterlambatan pembayaran cicilan kartu kredit dari pihak bank.

Pihak bank pada umumnya akan memberikan toleransi pada keterlambatan pertama. Namun, pada keterlambatan berikutnya, ada denda yang akan dibebankan kepada nasabah. 

Selain itu ada juga yang memberikan fasilitas seperti autopay. Fasilitas tersebut dapat mendebit saldo kartu debit otomatis untuk membayar tagihan kartu kredit pada tanggal yang ditentukan.

2. Apakah bisa menetapkan batas waktu pembayaran sendiri?

Keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit dapat berakibat fatal bagi nasabah. Karena itu, Anda harus menemukan cara untuk mengatasi hal ini.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan fasilitas yang diberikan pihak penerbit kartu kredit, seperti menentukan batas waktu pembayaran tagihan. Penetapan waktu tagihan setiap bulannya ini bertujuan untuk meminimalkan kesempatan Anda menunggak. 

Ingatlah untuk menyesuaikan batas pembayaran dengan kondisi finansial. Misalnya, jika Anda gajian tanggal 25 setiap bulannya, aturlah waktu pembayaran tagihan tanggal 26, 27, atau 28.

3. Apakah ada pengurangan bunga kredit?

Pengurangan bunga kredit merupakan salah satu hal yang harus Anda tanyakan kepada pihak penerbit kartu kredit. Sebab, ada juga pihak bank yang tidak memberikan keringanan ini.

Surat penawaran kartu kredit premium biasanya dapat dijadikan acuan bahwa Anda dapat meminta keringanan bunga kredit. Keunggulan fasilitas ini tidak akan berdampak signifikan apabila jumlah pembelian sedikit.

Karena itu, mintalah pihak bank untuk menurunkan suku bunganya saat mempunyai tagihan yang cukup besar. Sosialisasikan dengan baik pengurangan bunga kredit kepada pihak bank karena semakin besar jumlah pembelian, maka makin banyak juga dana yang dapat Anda hemat.

4. Bagaimana peningkatan limit kartu kredit?

Salah satu alasan orang lebih memilih kartu kredit adalah karena dapat membantu dalam keadaan darurat. Namun, jika limit kartu kredit rendah, akan membatasi jumlah dana yang dapat digunakan.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut? Ya dengan cara meningkatkan limit kartu kredit!  
Anda pada dasarnya dapat meningkatkan limit kartu kredit kapan saja. Hanya saja, pihak penyedia kartu kreditlah yang dapat memutuskan apakah nasabah pantas memperolehnya atau tidak.

Pihak bank biasanya hanya akan memberi peningkatan kepada nasabah yang dinilai mampu membayar tagihan secara penuh dan tepat waktu atau nilai score kreditnya bagus.

5. Seperti apa syarat dan ketentuan poin reward?

Program poin atau reward seringkali menjadi daya tarik seseorang untuk beralih ke transaksi kartu kredit. Manfaat tambahan seperti, travel point bagi yang suka travelling, serta cashback dan diskon besar-besaran bagi yang gemar berbelanja, tentu membuat kartu kredit dinilai sebagai alat transaksi yang dapat meringankan.

Namun, di balik semua keuntungan tersebut, biasanya poin dan reward memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan apa saja syarat dan ketentuan dari pihak bank agar Anda lebih mudah memanfaatkan fasilitas poin reward tersebut.

Malas bertanya, sesat di jalan

Terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk apply kartu kredit. Salah satunya adalah menanyakan semua informasi terkait keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit. Oleh karena itu, jangan segan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti kepada pihak bank.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Persija Kalah, Rusuh Suporter Pecah di Pakansari
BOLA - 13 jam lalu