Selain CPNS, Lowongan Pegawai Pemerintah Non PNS Juga Dibuka Tahun Ini

Sejumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan bersiap mengikuti ujian di kantor RRI Makassar, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Darwin Fatir

VIVA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PAN-RB sedang menyiapkan aturan terkait rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Setidaknya ada sebanyak 100 ribu formasi yang akan dibuka yang seleksinya direncanakan pada Juni mendatang. 

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir mengatakan, ketentuan jumlah dan waktu masih bisa berubah. Sebab, untuk jumlah pasti lowongan CPNS itu akan dituangkan dalam aturan menteri PAN-RB yang sedang disusun. 

"Rencana rekrutmen CPNS tentang jumlah dan waktunya adalah ancar-ancar karena nanti semuanya akan dituangkan dalam Permen PAN-RB," kata Mudzakir kepada VIVA, Jumat 25 Januari 2019.

Selain PNS, ia mengatakan, ada formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang notabenenya juga merupakan Aparatur Sipil Negara atau ASN. Lowongan ini nantinya juga akan dibuka di tingkat pemerintah pusat seperti kementerian. 

"Nanti PPPK juga ada di kementerian," katanya. 

Di satu sisi, ia menerangkan, terkait informasi seleksi CPNS yang dilangsungkan pada Maret 2019 ini adalah seleksi yang tertunda pada 2018. Untuk itu, ditegaskannya, berbeda dengan seleksi ASN yang rencananya digelar pada Juni 2019. 

"Yang Maret itu untuk CPNS 2018 yang tertunda di beberapa daerah. Beda dengan Juni, tapi Juni itu masih ancar-ancar," tuturnya. (art)