Kerja Freelance Pingin Dapat Banyak Proyek, Begini Caranya

Ilustrasi pekerja muda
Sumber :
  • Pixabay/caio_triana

VIVA – Bekerja freelance dan tidak terikat dengan jam kerja, serta kewajiban ke kantor merupakan hal yang menarik bagi sebagian orang. Tren yang satu ini, bahkan semakin berkembang dan diminati selama beberapa tahun terakhir, seiring munculnya situs yang menyediakan berbagai lowongan pekerjaan.

Jika dulu orang hanya bekerja freelance pada satu atau beberapa perusahaan sekaligus dan masih memiliki kewajiban untuk sesekali datang ke kantor, maka sekarang justru sebaliknya. Para pekerja freelance bisa dengan mudah dan nyaman bekerja di rumah, menemukan pekerjaan dan menyelesaikannya secara online. 

Sistem kerja freelance ini sudah semakin banyak diminati, bahkan oleh para calon freelancer yang baru seperti sekalipun. Bekerja freelance memang terlihat menarik, baik itu yang dilakukan online atau offline.

Lalu, bagaimana cara untuk memulai dan mendapatkan pekerjaan freelance yang seperti ini? Lakukan trik ini, agar mendapatkan proyek kerja freelance seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gali potensi dan bakat yang dimiliki

Mengerjakan sesuatu yang diminati akan menjadi hal yang lebih mudah, daripada melakukan hal-hal yang tidak menarik minat sama sekali. Hal yang sama juga perlu dicermati, ketika akan memilih pekerjaan.

Mulailah menggali potensi dan juga bakat yang ada di dalam diri, sehingga bisa menemukan sesuatu yang benar-benar diminati dan bisa memberikan peluang untuk mendatangkan uang. 

Hal ini bisa dilakukan dengan melihat hal-hal yang sederhana dan suka melakukannya, misalnya hobi memotret, menulis, mencari dan mengolah data, melukis, dan lainnya. Pertajam minat ini dengan baik, sehingga memiliki daya jual dan bisa mendapatkan pekerjaan freelance yang diinginkan.

2. Siapkan portofolio yang meyakinkan

Jangan lupa mempersiapkan portofolio, sehingga orang lain bisa melihat dengan jelas tentang kemampuan dan juga keahlian yang Anda miliki. Hal ini penting, sebab pada umumnya para pemilik proyek akan sangat mempertimbangkan portofolio orang yang akan dipekerjakannya.

Buatlah protofolio yang profesional dan benar-benar menunjukkan keahlian Anda, misalnya dalam bentuk tulisan, lukisan, desain, dan lainnya. Jika perlu, Anda bisa melihat dan menjadikan portofolio orang lain yang sudah ahli sebagai pertimbangan atau contoh. 

3. Lakukan promosi dengan gencar

Tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, bahkan jika mereka sudah memiliki kemampuan yang mumpuni sekalipun. Pastikan Anda melakukan promosi dan menawarkan jasa dengan cara yang tepat kepada orang-orang yang berpotensi menjadi klien dan menggunakan jasa Anda.

Lakukan hal ini dengan cara yang sopan dan profesional. Sehingga, orang lain bisa menghargai dan tertarik untuk bekerja sama tanpa merasa terpaksa atau bahkan terganggu.

4. Mulai dari yang kecil dan bisa dilakukan

Ketika melihat kesuksesan freelancer lain yang sudah bisa menghasilkan belasan hingga jutaan rupiah setiap bulannya, Anda tentu begitu bersemangat untuk mencari dan menemukan pekerjaan freelance.

Berpikir seperti ini tentu tidak salah, namun Anda tetap harus realistis. Untuk menghasilkan pekerjaan yang besar, harus dimulai dari pekerjaan-pekerjaan yang kecil terlebih dahulu, terutama untuk Anda yang masih pemula dan belum berpengalaman.

Cobalah untuk memulai dari pekerjaan-pekerjaan yang kecil dan bisa diselesaikan, misalnya menerjemahkan, membuat desain yang sederhana, dan lainnya. Kerahkan semua kemampuan dengan maksimal, sehingga hasil kerja juga memuaskan. 

5. Maksimalkan dengan internet

Jangan lupa untuk menggunakan layanan internet dalam pekerjaan, sebab layanan yang satu ini akan membuat semuanya menjadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa melakukan promosi atau bahkan mendapatkan pekerjaan secara online melalui internet.

Saat ini, ada banyak situs-situs kerja yang menyediakan beragam jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dengan cara freelance, di mana Anda bisa memilih jenis pekerjaan yang paling tepat dan sesuai dengan keahlian Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan pekerjaan di forum-forum yang secara khusus dibuat untuk tempat berdiskusi orang-orang dengan minat tertentu, seperti menulis, fotografi, desain, dan lainnya. 

Untuk mendapatkan pengalaman, Anda juga bisa mengikuti banyak lomba yang sesuai dengan minat secara online. Bukan hanya pengalaman, Anda bahkan bisa mendapatkan uang dari aktivitas seperti ini. Pilih situs dan aktivitas online yang tepat, agar tujuan Anda menjadi freelancer bisa tercapai dengan mudah dan cepat.

Asah kemampuan dan dapatkan pekerjaan yang tepat

Menjadi freelancer akan memberikan Anda banyak keuntungan, termasuk kebebasan untuk mengatur waktu dan tempat kerja. Untuk bisa maksimal, pastikan Anda mengasah kemampuan dan melakukan berbagai cara yang tepat dalam membangun karier sebagai freelancer

Jangan lupa untuk mengandalkan internet secara maksimal, sebab dengan layanan yang satu ini Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang tepat dengan cara yang lebih cepat. (asp)