Fintech Ini Tawarkan Skema Cicilan untuk Sewa Properti

Pengunjung melihat maket rumah di pameran properti di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Industri penyewaan properti di Indonesia saat ini dinilai belum bisa mengakomodasi kebutuhan semua kalangan. Seperti, pasangan muda, pemilik usaha kecil, ekspatriat, pekerja pemula, dan mahasiswa. 

Hal tersebut terjadi karena tenor pembayaran sewa yang ditetapkan pemilik terkadang memiliki jangka waktu yang panjang. Misalnya harus disewa  satu tahun, dua tahun atau bahkan 5 tahun di muka, itupun di luar deposit.

Melihat potensi tersebut, perusahaan financial technology (fintech) Cicilsewa menyediakan pembayaran sewa properti yang lebih mudah. Mengadopsi sistem penyewaan di luar negeri, fintech ini menawarkan untuk menyewa properti dengan pembayaran bulanan.

Dengan sistem ini, kebutuhan penyewa untuk memiliki hunian yang layak, akan lebih ringan tanpa harus membayar sewa yang besar di awal.

“Kami mengatasi kesenjangan di pasar properti ini, memenuhi kebutuhan individu yang tidak ingin atau belum bisa berkomitmen untuk kepemilikan properti, tetapi tidak memiliki sarana untuk memenuhi pembayaran di muka 12 bulan untuk rental properti,” kata Chief Executive Officer Cicilsewa, Hendry Oktavianus dikutip dari keterangan resminya, Senin 11 Februari 2019. 

Dia memaparkan, pelanggan Cicilsewa bakal mendapatkan kesepakatan pada properti rental pilihan mereka. Perusahaan akan membantu mendanai biaya sewa properti di awal.

Pelanggan cukup menyerahkan deposit, dan lalu membayar cicilan bulanannya ke Cicilsewa selama periode yang disepakati.

“Sejak diluncurkan pertama kali pada 2018, Cicilsewa telah menggandeng agen-agen properti berpengalaman yang telah berhasil membantu banyak para penyewa rumah, apartemen, dan ruko, untuk menyewa properti impian mereka, di area Jabodetabek,” ungkap Hendry.

Dia menegaskan, perusahaan akan memperluas layanan di luar area Jabodetabek dalam waktu dekat. Sehingga dengan skema pelayanan ini dapat membantu mengubah wajah properti sewaan di Indonesia.

"Kami berharap para pekerja, mahasiswa, wiraswasta dan semuanya, mampu menyewa properti di lingkungan yang lebih baik. Dan akhirnya kami juga dapat membantu pemerintah mengurangi kemacetan lalu lintas dengan bisa menyewa properti di dekat tempat aktifitas pelanggan," ujar  Hendry.

Pada acara Indonesia Properti Expo yang diadakan di Jakarta Convention Centre tanggal 2 Febuari - 10 Februari lalu, Cicilsewa juga sudah ikut berpartisipasi dalam rangka mendukung properti Indonesia dan menjadi alternatif bagi para customer yang belum menemukan properti idamannya. (ali)