Menteri Jonan Lakukan Penyegaran Tiga Pejabat Eselon I ESDM

Menteri ESDM Ignasius Jonan melantik tiga pejabat eselon I di Kantornya.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan melantik tiga pejabat pimpinan tinggi madya atau eselon I pada hari ini, Rabu 20 Februari 2019. Pelantikan ini terdiri dari dua orang pejabat rotasi dan satu orang pejabat promosi. 

Penyegaran ini dilakukan, karena satu orang pejabat, yakni Andy Noorsaman Sommeng yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Ketenagalistrikan sudah memasuki masa purna bakti. 

Posisi Dirjen Ketenagalistrikan saat ini diisi Rida Mulyana, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi atau EBTKE. 

"Saya ucapkan terima kasih atas nama pemerintah kepada pak Andy, yang sudah berkarya 14 tahun di birokrasi. Saya pikir, ada baiknya juga meluangkan waktu ke dunia pendidikan dengan wawasan yang luar biasa tadi," kata Jonan di kantornya, Jakarta, Rabu 20 Februari 2019. 

Dengan demikian, posisi Rida Mulyana selaku Direktur Jenderal EBTKE digantikan oleh Sutijastoto yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan atau Balitbang ESDM. 

Jonan pun mengangkat Dadan Kusdiana, yang sebelumnya merupakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam menjadi Kepala Balitbang ESDM. 

"Selamat pada saudara bertiga, karena ini bagian dari perjalanan karier Anda," ungkap Mantan Menteri Perhubungan itu. 

Jonan pun mengakui memiliki kesan tersendiri dengan Andy Noorsaman Sommeng yang sudah lama ia kenal. Sommeng yang juga pengajar di Universitas Indonesia itu, diyakini memiliki banyak wawasan yang bisa dibagikan kepada mahasiswanya. 

"Saya yakin, Universitas Indonesia sangat berterima kasih salah satu pengajarnya punya wawasan luar biasa. Kalau di sektor ESDM, mulai dari hulu migas sampai hilir, kelistrikan, termasuk renewable saya kira (Andy Noorsaman Sommeng) punya wawasan sudah mengerjakan separuh (sektor ESDM)," jelasnya. (asp)