Kini Akhir Pekan di Bandara Minangkabau Penuh Jemaah Umrah

Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah VI Padang Agoes Soebagio.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.co.id

VIVA – Mulai beroperasinya penerbangan langsung ke Jeddah, Arab Saudi, oleh sejumlah maskapai penerbangan di Bandar Udara Internasional Minangkabau awal tahun ini, mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Sumatera. Saat ini, terjadi peningkatan penumpang jemaah umrah. 

Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah VI Padang, Agoes Soebagio, mengatakan, saat ini dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air disebut sudah melayani rute tersebut. 

"Yang saya, kami banggakan, kalau Sabtu dan Minggu itu padat orang umrah," ungkap Agoes di Padang, Sumatera Barat, Rabu 20 Februari 2019. 

Dia mengungkapkan, penerbangan langsung ke Jeddah tersebut mempermudah para warga Sumatera yang ingin beribadah umrah atau haji. Mereka tidak harus transit di Jakarta.

"Bukan dari Padang aja, umrah dari sini (Bandara Minangkabau). Sehingga mengurangi ketergantungan jemaah umrah ke Jakarta," tuturnya. 

Ke depannya, Agoes mengatakan, bakal mendorong rute penerbangan ke Padang dari daerah-daerah lain di Sumatera yang kini belum dilayani. Upaya itu agar ada keseimbangan lalu lintas udara di seluruh Indonesia.

"Itu salah satu yang kami dorong sesuai dengan lalu lintas udara yang berkembang kombinasi, misalnya Palembang-Padang-Jeddah," tuturnya. (art)